Blog

Selamat Ulang Tahun Kotaro Minami!



Posted on Sep 11, 2017

Lebih tepatnya, Selamat Ulang Tahun Tetsuo Kurata!
Karena di Indonesia, nama beliau masih kurang terkenal daripada karakter yang ia perankan sebagai Ksatria Baja Hitam. Berbeda dengan Kenji Ohba yang justru sebaliknya, hampir tidak ada yang ingat kalau di serial Gavan, ia berperan sebagai Retsu Ichijoji.
 
Kenji Ohba dan Tetsuo di Black RX episode 34.
Tetsuo, aktor yang serialnya populer di Indonesia di tahun 90-an itu merayakan ulang tahunnya yang ke-49. Terlahir dengan nama Tetsuo Koumoto, aktor dengan tinggi 183cm ini sudah beberapa kali datang ke Indonesia. Diantaranya saat membintang Satria Garuda Bima-X dan untuk menemui para penggemarnya di Battle of The Toys 2016.
 
Tetsuo menyanyikan lagu Kamen Rider Black di BOTT 2016.
Ia memulai karirnya di dunia pertunjukan dari Toei Academy, sekolah akting milik studio Toei. Dari sana ia mengikuti audisi yang pemenangnya tidak hanya akan mendapatkan peran, tapi juga uang senilai 1 Juta Yen!
 
Sejarah akhirnya mencatat kalau ia berhasil mengalahkan 8.100 peserta dan akhirnya mendapatkan peran Kotaro Minami, alias Kamen Rider Black, atau Ksatria Baja Hitam.
19 tahun sudah jadi Kamen Rider!
Saat serial ini tayang di tahun 1987, usianya baru 19 tahun, dan menjadi sosok Kamen Rider termuda jika dibandingkan aktor-aktor Kamen Rider lainnya saat pertama kali berubah menjadi Kamen Rider.
 
Tetsuo juga menjadi anak emas Shotaro Ishimori, pencipta Kamen Rider. Karena walaupun masih muda, ia sangat rajin dan selalu rajin memberikan akting yang terbaik. Akhirnya ia dipercaya menjadi Kamen Rider dua tahun berturut-turut. Mulai dari Kamen Rider Black, hingga lanjut ke Black RX.
Berkat aktingnya sebagai Kotaro Minami, semua orang lebih mengenalnya sebagai Kotaro daripada Tetsuo. Anak-anak kecil pada zamannya bahkan mengira Tetsuo bisa berubah sungguhan menjadi Ksatria Baja Hitam. Tetsuo sendiri mengaku kewalahan menjaga citra pahlawannya. Ia jadi tidak bisa bebas merokok dan selalu berpesan agar anak-anak juga bisa mendukungnya sebagai pribadi Tetsuo Kurata yang manusia biasa, bukan sekedar Kotari Minami sang pahlawan fiksi.
 
Setelah era Kamen Rider Black, Tetsuo masih aktif berperan di banyak serial drama TV dan pertunjukan panggung. Tapi memang namanya sudah tertutup aktor-aktor muda yang lebih “cantik”. Sampai akhirnya di tahun 2009 ia muncul kembali sebagai Kotari Minami di Kamen Rider Decade.
Double Henshin Kotaro Minami di Kamen Rider Decade.
Di Kamen Rider Decade yang bercerita tentang pertemuan semua dunia Kamen Rider, Tetsuo mendapat kesempatan untuk menjadi dua Kotaro sekaligus. Yakni Kotaro Black dengan jaket hitam, serta Kotaro RX dengan jaket putih. Dan Kamen Rider Decade episode 27 itu akhirnya menjadi episode favorit seluruh fans Kamen Rider generasi 90-an. Ia kemudian kembali lagi sebagai Kotaro di film “Super Hero Taisen GP: Kamen Rider 3” (2015).
 
Jika tidak sedang sibuk akting, Tetsuo bisa kalian temui di restoran steak Billy The Kid miliknya di Toyo-cho, Tokyo. Bahkan ia sendiri yang memasak daging untuk para tamunya. Tetsuo juga sangat menghargai fans-nya dari seluruh penjuru dunia yang datang ke resto-nya itu. Setelah selesai masak, kalian bisa mengajaknya berfoto bersama.
Billy The Kid Steak House
 
Tahun ini dan tahun depan juga masih menjadi tahun yang spesial untuk Tetsuo. Kalau tahun ini adalah ulang tahun ke-30 Kamen Rider Black, maka tahun depan adalah ulang tahun ke-30 Kamen Rider Black RX, juga 50 tahun usianya. Baik Toei dan Bandai sedang mempersiapkan rencana khusus untuknya di tahun 2018. Kabarnya sih akan ada game, film, dan action figure Kotaro Minami yang akan dirilis. Kita tunggu kabar selanjutnya ya…
Dan sekali lagi, Selamat Ulang Tahun Tetsuo Kurata!






Popcon Asia

Popcon Asia is the premier pop culture event by Popcon Inc, dedicated to creating awareness of, and appreciation for creative and popular art forms.


Copyright 2017 © Popcon Asia