Blog

Mengenal Chris Cantada, Kreator Video Fanmade Power Rangers Ternama dari Filipina



Posted on Jul 19, 2017

Serial televisi Super Sentai, atau yang juga dikenal sebagai Power Rangers di versi Amerika merupakan salah satu serial superhero yang sudah cukup mendunia.  Seri yang telah ada sejak lebih dari 35 tahun ini telah memiliki banyak penggemarnya termasuk di Indonesia. Banyak cara yang dilakukan oleh para fans Power Rangers untuk mengekspresikan kesukaannya terhadap seri ini, mulai dari membuat fanart, hingga membuat kostum cosplay. Dari banyaknya fans Power Rangers di seluruh dunia, ada salah satu fans yang mendedikasikan hobinya terhadap seri superhero ini dengan membuat berbagai konten yang menarik dan fenomenal di YouTube, dialah Chris Cantada.

Chris Cantada adalah seorang cosplayer asal Filipina yang sangat menggemari serial Power Rangers. Kecintaannya terhadap seri tersebut diekspresikan melalui berbagai macam kostum cosplay karakter Power Rangers dari berbagai seri yang ia buat dengan detail yang menakjubkan. Tidak berhenti hanya dalam membuat kostum saja, Chris juga membuat berbagai konten video hingga sebuah fan film dari seri Power Rangers.

Beragam konten video tersebut diunggah ke dalam kanal YouTube miliknya. Sejak pertama kali membuat konten di tahun 2013, berbagai video seputar Power Rangers milik Chris mulai banyak digemari oleh para fans Power Rangers lainnya. Dalam video yang dibuat olehnya, Chris tidak jarang tampil bersama para cosplayer, fashion blogger, hingga model lainnya untuk tampil bersama sebagai Power Rangers.

Sebelum mulai aktif mengunggah konten video seputar Power Rangers di kanal miliknya, pria kelahiran tahun 1985 ini pernah menjadi drummer untuk grup band Sponge Cola. Chris aktif menjadi drummer di grup band yang berada di bawah asuhan label Sony BMG ini sejak tahun 2004 hingga 2009. Setelah itu ia sempat vakum dalam karir musiknya di grup Sponge Cola karena alasan kesehatan sebelum akhirnya ia memutuskan untuk melakukan karir solo. Pada tahun 2011 ia sempat merilis album solo bertajuk “Heartbeat” di bawah naungan label “Universal Records”.

Video berjudul “The Blue Brothers” menjadi salah satu video yang paling fenomenal dari Chris Cantada. Sejak pertama kali diunggah ke YouTube pada 27 Juni 2016, video ini ditonton sebanyak 1 juta kali hanya dalam waktu lima hari. Hingga saat artikel ini ditulis, video tersebut telah ditonton sebanyak 21 juta kali. Video ini juga memenangkan penghargaan WebTVAsia Award untuk kategori Most Popular Video in Philipines di tahun 2016.

Konten video yang diunggah dalam kanal YouTube miliknya cukup beragam. Dalam kanal ini Chris sering membuat fan film bersama para cosplayer lainnya. Selain itu ia juga sering membuat video tantangan kepada bintang tamu yang diundang olehnya untuk mengenakan kostum Power Rangers secara cepat dalam satu menit.

Di tahun yang sama Chris Cantada juga mendapatkan penghargaan dari YouTube. Kanal miliknya berhasil mendapatkan penghargaan YouTube Silver Play Button. Penghargaan ini diberikan karena kanal YouTube miliknya berhasil mendapatkan lebih dari 100.000 subscriber.

Dalam kanal YouTube miliknya, Chris juga sering membuat video yang menampilkan cosplayer yang mengenakan kostum karakter lain. Dalam video yang berjudul “The Blue Brothers”, ditampilkan sosok Kamen Rider di akhir video. Selain itu ada juga video buatannya yang menampilkan Batman, Wonder Woman, Spider-Man, hingga karakter Dragon Age.

Kesuksesan kanal YouTube miliknya telah membawa Chris kepada peluang baru untuk berkolaborasi bersama berbagai brand lokal Filipina maupun brand internasional. Chris bahkan pernah berkolaborasi bersama Marvel dan Disney Studio.

Tidak hanya berkolaborasi bersama brand ternama saja, Chris juga beberapa kali tampil bersama para artis Hollywood. Para pemeran dalam film Captain America seperti Chris Evans, Anthony Mackie, serta Sebastian Stan. Kecintaannya terhadap Power Rangers juga membawa Chris Cantada bertemu langsung dengan para pemeran Power Rangers dan membuat video bersama. Para pemeran Power Rangers yang pernah berkolaborasi bersama Chris di antaranya adalah Austin St. John (Ranger Merah dari Mighty Morphin), Karan Ashley (Ranger Kuning dari Mighty Morphin), David Fielding (Zordon dari Mighty Morphin), Yoshi Sudarso (Ranger Biru dari Dino Charge), serta Christopher Khayman Lee (Ranger Merah dari Lost in Space).

Ingin melihat berbagai video fanmade Power Rangers yang kreatif buatan Chris Cantada lainnya? Simak berbagai videonya di kanal YouTube Chris Cantada Force.







Popcon Asia

Popcon Asia is the premier pop culture event by Popcon Inc, dedicated to creating awareness of, and appreciation for creative and popular art forms.


Copyright 2017 © Popcon Asia