Blog

September Horor di Bioskop Indonesia!



Posted on Sep 12, 2017

Eits, kata siapa September ceria?! Karena bulan September tahun ini diramaikan dengan film bergenre horor dan thriller! Fenomena banyaknya film horor di bulan September ini diduga karena suasana menjelang Halloween pada bulan Oktober. Oleh karenanya dalam dunia perfilman Hollywood mengenal istilah “Halloween Came Early” untuk film-film horor yang tayang di bulan September.

Tidak hanya film luar saja yang bernuansa horor, film lokal juga turut ramai dengan genre yang sama. Namun menurut aktor dan sutradara Dennis Adishwara, hadirnya film-film horor lokal tidak terlalu berpengaruh pada suasana Halloween.

“Kuota hari tayangnya terbatas. Ya kalau dapat jadwal pas oktober, seringkali nggak dapet” ujarnya sedikit menerangkan kuota tayang bioskop di Indonesia.

Jika awal bulan ini banyak yang menantikan film IT, si badut menakutkan, berikut film horor Indonesia yang siap membuat bulu kuduk merinding di bulan ini.

1. PETAK UMPET MINAKO

Keberadaan boneka dalam sebuah film horor sepertinya masih selalu menarik untuk dihadirkan. Petak Umpet Minako juga memilikinya, yaitu boneka Ichimatsu, boneka Jepang yang punya latar belakang legenda yang seram. Film adaptasi dari novel berjudul sama ini bercerita tentang reuni SMA Gabby yang memainkan Hitori Kakurenbo, permainan petak umpet hantu yang menggunakan boneka Ichimatsu bernama Minako.

Petak Umpet Minako disutradarai oleh Billy Christian yang juga merangkap sebagai penulis naskah. Film yang dibintangi oleh Regina Rengganis, Miller Khan, dan Nicky Tirta ini telah tayang pada 7 September kemarin.

 

2. HANTU JERUK PURUT REBORN

Film yang sempat booming di tahun 2006 lalu ini akhirnya dibuat kembali. Film hantu pastor kepala buntung ini masih dibintangi oleh dua pemain utama di film sebelumnya yaitu Sheila Marcia dan Angie Yulia. Film ini juga masih digarap oleh sutradara film Hantu Jeruk Purut sebelumnya yaitu Koya Pagayo. Hantu Jeruk Purut Reborn ini berkisah tentang Ayah Jenny (Sheila Marcia) yang meninggal dunia dan dimakamkan di TPU Jeruk Purut. Usai pemakaman, Jenny mulai merasakan banyak kejadian janggal.

 

3. GERBANG NERAKA

Sutradara Rizal Mantovani kembali mengulik film horor yang kali ini berjudul Gerbang Neraka. Bercerita tentang misteri Gunung Padang, film ini diperankan oleh Reza Rahadian, Jullie Estelle, dan Dwi Sasono. Film yang akan tayang pada 20 September mendatang ini sebelumnya memiliki nama ‘Firegate’ dan bagi kamu yang datang ke Popcon Asia 2016 tentunya sudah melihat trailer film ini lebih dulu.

Meski dikatakan film horor, Gerbang Neraka sebenarnya memiliki genre science fiction dan super natural adventure yang tentunya baru di Indonesia. Beberapa film terkenal yang mengusung genre ini antara lain The Mummy dan Nation Treasure. Ohya, penampilan Reza Rahadian dalam film bergenre seperti ini merupakan sesuatu yang baru, bukan?

 

4. PENGABDI SETAN

Setelah sakit aneh selama 3 tahun, ibu akhirnya meninggal dunia. Bapak lalu memutuskan untuk kerja di luar kota meninggalkan anak-anaknya. Tak lama kemudian anak-anak merasa bahwa ibu kembali berada di rumah. Situasi semakin menyeramkan ketika mereka mengetahui bahwa ibu datang lagi tidak sekadar untuk menjenguk, tapi untuk menjemput mereka.

Hasil remake film ‘Pengabdi Setan’ ini ternyata memiliki perbedaan dari film aslinya yang fenomenal pada tahun 1982. Adanya penggunaan bel, sumur, dan radio tua dalam film ini menambah experience baru yang tidak ada di filmnya terdahulu. Disutradarai oleh Joko Anwa, film yang dibintangi oleh Tara Basro, Dimas Aditya, dan Asmara Abigail akan tayang di bioskop 28 September mendatang.

Dari serentetan film horor lokal tadi, apakah kamu siap untuk merasakan September mencekam? Film mana yang paling kamu nantikan? Share di kolom komentar ya!







Popcon Asia

Popcon Asia is the premier pop culture event by Popcon Inc, dedicated to creating awareness of, and appreciation for creative and popular art forms.


Copyright 2017 © Popcon Asia