Blog

Dunlop Promosi Ban Terbaru melalui Anime Romantis yang Mengharukan



Posted on Oct 11, 2017

Anime memang telah menjadi salah satu produk media yang sangat ikonik dari Jepang. Dengan popularitasnya yang tinggi, anime di Jepang kini tidak hanya hadir sebagai hiburan saja. Di Jepang anime sering dijadikan sebagai media untuk promosi produk dari sebuah brand atau bahkan sosialisasi dari pihak pemerintah, seperti kampanye sosial yang melawan bullying. Tingginya potensi yang dimiliki anime membuat perusahaan sekelas Dunlop untuk tertarik membuat sebuah iklan yang cukup kreatif dengan media anime.

Pihak Dunlop di Jepang merilis sebuah anime singkat berjudul Road to You: Kimi e to Tsuzuku Michi (Road to You: The Road that Goes On to You). Anime singkat ini dirilis melalui channel YouTube resmi milik Dunlop di Jepang pada hari Rabu (11/10). Anime ini dirilis dalam rangka promosi produk ban terbaru dari Dunlop yang dirilis untuk musim dingin.

Meskipun ditujukan untuk promosi produk ban, namun anime ini menghadirkan hal yang berbeda dari iklan ban pada umumnya. Alih-alih berfokus menampilkan aksi mobil yang memacu kecepatan di jalan, anime singkat ini justru menghadirkan kisah yang cukup menyentuh dan sangat emosional. Anime pendek ini menghadirkan cerita dinamika hubungan antara sepasang kekasih muda, seorang ayah dan anaknya, dan juga seorang wanita kepada rekan kerjanya. Penasaran bagaimana kisah dari anime Road to You ini? Tonton animenya di sini:

Ada beberapa pengisi suara ternama yang terlibat dalam anime singkat berdurasi 3 menit ini. Hiroshi Kamiya (pengisi suara Seijuro Akashi di seri Kuroko’s Basketball) mengisi suara karakter Ryota, seorang karyawan baru di sebuah perusahaan. Miyuki Sawashiro (pengisi suara Celty di seri Durarara dan Sinon di seri Sword Art Online) mengisi suara karakter Yuki, kekasih dari Ryota. Dalam anime ini ada juga Atsuki Tani (pengisi suara Tessai Shishio di seri Kekkaishi) yang mengisi suara karakter Toshiro, ayah dari karakter Mai yang disuarakan oleh Minami Tsuda (pengisi suara Miho Kohinata dari seri The Idolm@ster Cinderella Girls) . Masumi Asano (pengisi suara Black Rose di seri .hack) mengisi suara karakter Kei, seorang aktris televisi. Kenji Nojima (pengisi suara Taihei Doma di Himouto! Umaru-chan) juga turut serta di anime ini menyuarakan karakter Jin, manajer dari Kei.

 

Anime singkat produksi studio animasi The Answer Studio ini disutradarai oleh Hiroshi Kawamata. Desain karakter original dari anime ini dibuat oleh Shin Takahashi, komikus asal Jepang yang cukup dikenal dengan karyanya yang berjudul Saikano. Kenichi Tsuchiya, salah satu staf yang pernah terlibat dalam film The Garden of Words dan Your Name membuat desain karakter untuk animasi di anime singkat ini. Musik dalam anime ini ditangani langsung oleh Keina Suda, seorang produser vocaloid yang lebih dikenal dengan nama Balloon. Hingga artikel ini ditulis belum ada konfirmasi apakah pihak Dunlop akan merilis anime lain.

Penggunaan anime sebagai salah satu media untuk promosi menandakan bahwa produk kreatif seperti komik dan animasi bisa memiliki potensi yang besar dalam industri jika dikelola dengan baik. Menurut kamu nih apakah ada brand yang cocok untuk dibuatkan iklan dengan animasi di Indonesia? Tuliskan jawaban dan opini kamu masing-masing di kolom komentar ya!







Popcon Asia

Popcon Asia is the premier pop culture event by Popcon Inc, dedicated to creating awareness of, and appreciation for creative and popular art forms.


Copyright 2017 © Popcon Asia