Super Evil Mega Corp memperlihatkan fitur baru dari game VainGlory pada ajang Razer 2017 VainGlory World Championship yang berlangsung di Singapura. Fitur tersebut dinamakan VainGlory 5v5. Game mode ini dilengkapi dengan map baru yang mendukung pertempuran 10 pemain. Sebenarnya rencana mengenai fitur ini sudah diumbar dari awal tahun 2017, hanya saja pihak developer baru menggemborkan detil dari VainGlory 5v5 di salah satu official tournament mereka. Yuk, kita intip fitur baru apa saja yang akan menambah keseruan kita bermain VainGlory.

1. New Map

Salah satu keistimewaan dari VainGlory 5v5 adalah map yang lebih luas. VainGlory dikenal sebagai MOBA Mobile yang masih menggunakan mode permainan 3 vs 3. Map 5 vs 5 memang bukanlah mode permainan yang unik, karena sebelumnya MOBA kompetitor seperti Mobile Legends dan AOV sudah menerapkan mode ini. Diharapkan VainGlory 5v5 dapat meningkatkan kualitas permainan dengan jumlah pemain yang lebih banyak dan meta yang semakin berkembang.

Map akan jauh lebih luas dengan 3 lane disertai area jungle pada sisi kiri dan kanan mid lane. Area jungle yang strategis akan memperkuat peran hero jungler untuk melakukan ganking pada saat *laning phase. *Bagian tengah map dilewati oleh aliran sungai yang bisa meningkatkan movement speed dari hero yang berjalan searah dengan aliran sungai. Fitur ini bisa menambah mobilitas carry dengan movement speed yang lambat seperti Jax untuk membantu skirmish di lane lain.

2. Fog Of War

Ini dia yang belum pernah ada di Mobile MOBA lainnya. Fog of war merupakan sebuah mekanik yang membatasi pandangan dari karakter sekutu. Jika sebelumnya FOW hanya terbatas pada area semak saja. Pada major update berikutnya, FOW akan dirasakan oleh semua unit. Penerapan mekanik baru ini dijamin akan mengasah taktik dan juga map awareness kita.  Kamu juga bisa menaruh scout cam di sekitar map yang berfungsi sebagai item pemberi visual. Mirip seperti scout trap, hanya saja item ini tidak akan meledak jika disentuh musuh serta memiliki durasi yang lebih lama dibandingkan scout trap.

3. New Monster

Area jungle yang lebih luas berasa kurang lengkap jika tidak disertai dengan monster baru. 2 monster jungle baru siap menantang kita. Setelah dibunuh keduanya akan memberikan buff yang meningkatkan serangan senjata atau kekuatan kristal. Posisi kraken pun tergeser oleh dua naga legendaris, Black Claw dan Ghost Wing yang bisa merubah arah permainan pada late game. Layaknya Kraken, Black Claw akan menyerang salah satu lane jika kamu berhasil menaklukkannya. Reward yang kita dapatkan setelah mengalahkan Ghost Wing adalah buff teamwipe mega boost yang akan diberikan ke seluruh anggota tim-mu selama beberapa waktu. Laning mechanic jadi semakin menarik dengan adanya minion baru yang bernama “Minion’s Captain”. Unit ini akan memberikan buff ke minion yang ada disekitarnya. Jangan biarkan minion ini hidup terlalu lama jika kamu tidak mau lane-mu cepat jebol.

4. Vain’s Crystal Defense Mechanic

Now the crystal can strike you back! Nantinya Vain’s Crystal bukanlah sepotong kristal yang menunggu untuk dihancurkan.

Vain’s Crystal akan diberikan beberapa kemampuan bertahan seperti menembakkan proyektil yang bisa memberikan damage dan efek stun. Wah…late game siege akan semakin menantang nih.

Berikut adalah bocoran yang diberikan oleh Super Evil Megacorp untuk VainGlory pada major update nanti. Diperkirakan final release untuk VainGlory 5v5 akan jatuh di bulan Februari 2018, jadi harap bersabar ya. Kamu bisa mencoba fitur ini dengan mendaftarkan dirimu untuk early accessdi sini.

Tulis opini kamu soal VainGlory 5v5 di kolom komen. Apakah VainGlory nantinya bisa menggeser posisi Mobile Legends atau AOV sebagai Mobile MOBA dengan pemain terbanyak di Indonesia?