Sebelumnya, Ziliun pernah ngebahas tentang 17 superhero asli Indonesia. Kayak yang udah kita tau, sejak kemunculan Phantom sebagai superhero pertama di dunia, banyak banget karakter serupa yang bermunculan. Sekarang, di Indonesia saja, jumlah superhero lokal udah nggak bisa dihitung dengan sepuluh jari.

RA Kosasih, sang pencetus superhero pertama di Indonesia memperkenalkan karyanya pada 1953. Dilanjut dengan kreator lain. Si Buta Dari Gua Hantu, adalah salah satu karakter superhero lokal yang melegenda, menjadi idola khalayak masyarakat, kala itu.

Si Buta Dari Gua Hantu adalah karakter superhero ciptaan Ganes Th. Komiknya kali pertama terbit di 1967 dan dicetak ulang tahun 2005 lalu. Si Buta Dari Gua Hantu jadi pelopor komik silat pertama di Indonesia yang berkisah tentang silat nusantara. Saking boomingnya, Si Buta Dari Gua Hantu diadaptasi jadi film laga tahun 1970. Masih inget tayangan ini menghias layar kaca Indonesia? ups ketahuan deh situ umur berapa, haha!

Ada pula Gundala Putra Petir, karakter ciptaan Hasmi. Gundala kali pertama muncul tahun 1969. Komik dengan genre fantasi ini punya karakter yang dipengaruhi sama superhero dari Amerika, The Flash ciptaan Gardner Fox. Tapi kisahnya terinspirasi dari tokoh legenda Jawa Ki Ageng Sela yang diceritakan bisa menangkap petir.

Satu lagi karakter superhero yang pada jamannya mencuri perhatian masyarakat adalah Godam. Karakter ciptaan Wid NS ini kali pertama muncul dengan judul Memburu Doktor Setan. Godam juga terinspirasi dari karakter superhero Amerika dengan cerita nusantara.

Godam punya musuh bebuyutan yaitu Roh Dokter Setan yang berwujud kalung lengkap dengan liontinnya. Nggak sedikit kisah Godam bertarung dengan sang dokter, beberapa diantaranya diceritakan dalam serial “Mencari Jejak Mayat” (1970), “Sinar Mata-X” (1973), dan “Panik” (1976).

Popcon Asia 2015, festival komik, mainan, film, games, dan animasi terbesar se-Asia akan kembali digelar pada tanggal 7-9 Agustus 2015 di Assembly Hall, Jakarta Convention Center. Di sini, kamu bisa ketemu sama para superhero yang udah kita bahas di atas.

Ngaku fanboy superhero asli Indonesia? Wajib dateng!

From : Ziliun