Bulan suci Ramadhan telah hadir kembali menyapa umat muslim di seluruh dunia termasuk di Indonesia. Selain menjalankan ibadah puasa, bulan Ramadhan juga menjadi momen bagi masyarakat untuk melakukan mudik ke kampung halaman pada saat Idul Fitri tiba. Menyambut datangnya bulan Ramadhan dan musim mudik lebaran tahun ini, Si Juki berkolaborasi bersama asuransi AIA meluncurkan seri komik “Si Juki Mendadak Mudik”.

Diluncurkannya seri komik* “Si Juki Mendadak Mudik”* ini merupakan bagian dari program AIA Berbagi. Seri komik ini menceritakan keluarga Juki yang tiba-tiba merencanakan mudik untuk pertama kali. Di tahun-tahun sebelumnya keluarga Juki memang tidak pernah melakukan mudik, karena keluarga Juki tidak mempunyai kampung halaman.

[
View this post on Instagram
](https://www.instagram.com/p/Bi6_mJuFnM6/?utm_source=ig_embed&utm_campaign=loading)[Seumur hidup gue gak pernah mudik sob. Sekalinya mudik itu ke rumah engkong gue yang jaraknya cuma beberapa ratus meter. Itu sih namanya bukan mudik yak, tapi ngesot. Tahun ini gue ikut mendukung @aiaindonesia yang mempersembahkan #AIABerbagi Asuransi Kecelakaan gratis buat yang mudik. Tinggal buka AIAberbagi.co.id dan isi formulirnya. Nah, kalau kalian mudik gak sob? Kemana?](https://www.instagram.com/p/Bi6_mJuFnM6/?utm_source=ig_embed&utm_campaign=loading)

A post shared by Si Juki (@jukihoki) on

[
View this post on Instagram
](https://www.instagram.com/p/BjJcd-FF99V/?utm_source=ig_embed&utm_campaign=loading)[Akhirnya gue mudik sob!! Ternyata emak gue katanya masih punya keluarga di Semarang. Jadi tahun ini gue dan keluarga bakal mudik ke Semarang. Iya, emak gue itu aslinya Jawa tapi udah lama di Jakarta. Btw yang pada mudik biasanya di kampung halaman ngapain aja? Jangan lupa daftarkan diri di Asuransi Kecelakaan Gratis dari @aiaindonesia , buka http://AIA berbagi.co.id dan isi formulirnya sekarang juga. Huwala!!! #AIABerbagi](https://www.instagram.com/p/BjJcd-FF99V/?utm_source=ig_embed&utm_campaign=loading)

A post shared by Si Juki (@jukihoki) on

Meski demikian ternyata emak Si Juki masih memiliki keluarga di kota Semarang. Akhirnya keluarga Si Juki pun memutuskan untuk melakukan perjalanan mudik menuju Semarang. Namun karena ini menjadi mudik pertama bagi keluarga Juki, ada saja hal-hal unik yang terjadi saat mempersiapkan perjalanan seperti penentuan moda kendaraan apa yang akan digunakan dan apa saja perlengkapan yang harus di bawa untuk perjalanan mudik. Kisah “Si Juki Mendadak Mudik” ini bisa dibaca melalui akun media sosial Si Juki & AIA Indonesia.

[
View this post on Instagram
](https://www.instagram.com/p/BjMpNgylwc4/?utm_source=ig_embed&utm_campaign=loading)[Jadi mudik naik apa sob? Kalau naik haji sih seru. Yang gak kalah seru tentu daftarin diri di Asuransi gratis dari @aiaindonesia #AIABerbagi](https://www.instagram.com/p/BjMpNgylwc4/?utm_source=ig_embed&utm_campaign=loading)

A post shared by Si Juki (@jukihoki) on

[
View this post on Instagram
](https://www.instagram.com/p/BjUWn5klFto/?utm_source=ig_embed&utm_campaign=loading)[Ini dia barang-barang yang keluarga gue siapin pas mudik. Kalo Lo nyiapin apa sob? Jangan lupa daftarkan diri di Asuransi Kecelakaan Gratis dari @aiaindonesia . Buka http://AIA berbagi.co.id sekarang! #aiaberbagi](https://www.instagram.com/p/BjUWn5klFto/?utm_source=ig_embed&utm_campaign=loading)

A post shared by Si Juki (@jukihoki) on

Selain komik, dalam kolaborasi ini Si Juki & AIA merilis sebuah video animasi. Dalam video animasi ini, Si Juki berbagi tips untuk para pemudik yang akan melakukan perjalanan mudik lebaran pada tahun ini. Video animasi ini bisa ditonton di bawah ini:

Dalam program AIA Berbagi ini, AIA juga membagikan asuransi kecelakaan secara gratis untuk seluruh pemudik. Uang pertanggungan yang diberikan oleh AIA dalam program ini mencapai 1 Miliar Rupiah. Pendaftaran asuransi gratis ini bisa dilakukan langsung melalui website [aiaberbagi.co.id](https://aiaberbagi.co.id/) . Dalam website tersebut, ada Si Juki yang memberikan panduan untuk melakukan pendaftaran dan menjelaskan secara detail mengenai program asuransi gratis ini. Periode pendaftaran asuransi ini berlangsung pada tanggal 15 Mei hingga 15 Juni 2018 dengan periode perlindungan berlaku pada tanggal 8 Juni – 30 Juni 2018 (H-7 hingga H+15 Idul Fitri).

“Komik Si Juki yang sering mengangkat isu-isu terkini dengan gaya yang ringan dan humoris menjadi media yang banyak diminati oleh berbagai kalangan dan usia. Dengan menggandeng Si Juki, kami berharap dapat lebih mudah menjangkau masyarakat dalam memberikan informasi terkait program Asuransi Kecelakaan Gratis tersebut.” Ujar Kathryn, Head of Brand and Communication AIA.

Sumber: PIONICON Blog