September tahun ini memang tampaknya tidak bisa dikatakan sebagai “September Ceria”, mengingat banyaknya film horor yang tayang di bioskop. Baik film horor lokal maupun internasional.

Dari jejeran film horor itu, salah satu film yang paling banyak ditonton dan ramai dibicarakan banyak orang adalah film IT yang membuat badut menjadi ditakuti. Mengulang kesuksesan filmnya terdahulu, film adaptasi IT tentunya kembali menjadikan Pennywise sebagai ikon film horor yang fenomenal. Terlihat dari banyaknya meme, komikstrip, video mashup, dan berbagai macam karya yang disajikan oleh para fans.

Diantara banyaknya karya yang dibuat dengan karakter Pennywise, seorang fans rupanya membuat sebuah trailer dengan level yang lebih jauh lagi. Dia mencoba menggabungkan dunia IT dengan dunia Batman menjadi sebuah konsep dimana Joker berusaha merebut kembali mahkota badut terjahat.

Dalam teaser terlihat Joker (dalam versi video games The Arkham) bangun di sebuah tempat yang menyeramkan seperti sebuah basement. Dia menemukan dirinya dalam suasana yang menyeramkan dimana Pennywise muncul, mencoba untuk membuat ketakutan para korbannya sebelum akhirnya membunuhnya.

Tentu saja taktik Pennywise sepertinya tidak akan berhasil pada korban macam Joker. Apalagi tidak ada yang benar-benar yakin Joker itu memiliki ketakutan yang bahkan bisa saja dimanipulasi. Seperti yang diketahui, Joker merupakan karakter psikopat yang penuh dengan humor sadistik berpenampilan badut.

Konsep yang cukup menarik ini sayangnya hanya ada trailer pendeknya saja, karena kembali lagi video ini merupakan bikinan fans dengan channel YouTube bernama Mightyracoon. Walau terkesan memanfaatkan hype film IT, Mightyracoon rupanya juga telah banyak memproduksi video fanmade serupa yaitu mempertemukan universe berbeda dalam satu video. Salah satunya yang paling banyak ditonton adalah video Marvel vs DC – The Ultimate Crossover.

Kesuksesan film IT tentu saja secara tidak langsung memunculkan kembali [karakter-karakter badut menyeramkan](https://popconasia.com/7-badut-paling-mengerikan-dalam-sejarah-tv-film/4555) lainnya. Contoh lainnya adalah ronald, badut ikon Mc Donald. Ketika trailer film IT beredar, banyak fans yang mulai membuat komik strip, meme dari Pennywise, Joker, dan Ronald sebagai perbandingan siapa yang paling banyak membunuh banyak orang. Ada pun yang menarik, seorang fans juga membuat trailer IT edisi Mc Donald dengan badut Ronald yang muncul dengan peran seperti Pennywise dalam film IT.
Sumber: [Movieweb](http://movieweb.com/pennywise-vs-joker-fan-trailer-it-movie-2017-video/) | [Comic Book](http://comicbook.com/dc/2017/09/21/joker-vs-it-movie-pennywise-trailer/)