Jepang adalah negara yang cukup dikenal dengan industri hiburannya seperti film, drama, anime, game, dan komik (manga). Tidak sebatas itu saja, Idol juga telah menjadi bagian besar dalam industri hiburan Jepang. Mulai dari idol yang beranggotakan manusia asli seperti AKB48 hingga idol yang beranggotakan karakter fiksi seperti The Idolm@ster dan Love Live! menjadi primadona tidak hanya bagi para fans di Jepang saja tapi juga fans di luar Jepang.

William Shatner, aktor, penulis, dan sutradara asal Kanada ternyata seorang fans idol asal Jepang. Tetapi bukanlah AKB48 ataupun Keyakizaka 46 yang menjadi idol favorit kegemaran William Shatner. Aktor pemeran Captain Kirk dalam serial Star Trek ini ternyata menyukai anime idol 2D (mengacu pada sebutan karakter fiksi/gambar, bukan gaya animasi) asal Jepang yaitu Love Live.

Hal tersebut diketahui saat salah seorang pengguna twitter dengan akun @PkMn_Leaf bertanya kepada William Shatner tentang siapa karakter cewek Love Live yang ia sukai. Tidak disangka, kicauan yang dikirim pada tanggal 18 Desember 2017 tersebut ternyata langsung dibalas oleh aktor Captain Kirk ini. Dalam jawaban tersebut William Shatner menyatakan bahwa ia menyukai Umi, personil grup idol µ’s (dibaca muse) dari seri anime Love Live! School Idol Project.

> Why? OK it’s Umi [https://t.co/JFBDvKXPan](https://t.co/JFBDvKXPan) > > — William Shatner (@WilliamShatner) [December 19, 2017](https://twitter.com/WilliamShatner/status/942966660356435968?ref_src=twsrc%5Etfw)
![](https://popcon.asia/wp-content/uploads/2017/12/umi.jpg)
Umi Sonoda
 

Tidak lama setelah itu, akun twitter dari William Shatner pun langsung diramaikan oleh para fans Love Live!. Masing-masing mereka memberikan respons terhadap pernyataan tersebut, para fans Umi merasa senang karena ada public figure yang juga menyukai idol berambut biru panjang tersebut. Di sisi lain ada juga para fans Love Live lain yang menyarankan karakter selain Umi kepada William Shatner.

Salah satu warganet yang memberikan rekomendasi karakter kesukaannya kepada Captain Kirk ini adalah pengguna twitter dengan akun @toshinokyokos. Ia memberi respons atas jawaban William Shatner yang menyukai Umi dengan pernyataan “Sepertinya anda salah mengeja nama Maki (salah satu karakter grup µ’s)”. Dan ternyata Captain Kirk membalas kicauan tersebut dengan mengaku bahwa jika memilih karakter yang keras kepala, ia lebih suka Maki dan Nico. Respons pun kembali membanjiri akun pemeran Captain Kirk ini, pasalnya karakter Maki Nishikino dan Nico Yazawa adalah dua karakter yang sering di-pairing-kan (dijodoh-jodohkan) oleh para fans karena terlihat sangat akur dan cocok jika menjadi pasangan yuri.

![](https://popcon.asia/wp-content/uploads/2017/12/Nico-Maki.png)
Nico Yazawa (kiri), Maki Nishikino (kanan)
> I know how to spell Maki. If I wanted someone stubborn I’d choose her or Nico. [https://t.co/OiBTQ2wtk3](https://t.co/OiBTQ2wtk3) > > — William Shatner (@WilliamShatner) [December 20, 2017](https://twitter.com/WilliamShatner/status/943321280995930112?ref_src=twsrc%5Etfw)
> Maki calls Nico stubborn and she basically says look in the mirror darling. ? [https://t.co/SqOgpkhMpb](https://t.co/SqOgpkhMpb) > > — William Shatner (@WilliamShatner) [December 20, 2017](https://twitter.com/WilliamShatner/status/943355711777538048?ref_src=twsrc%5Etfw)
Di tengah-tengah keramaian diskusi tersebut, akun twitter milik layanan streaming anime asal Amerika, *Crunchyroll* ikut serta bertanya kepada William Shatner. Melalui twitter *Cruncyroll* bertanya kepada Captain Kirk siapakah idol dari seri *Love Live! Sunshine!!* yang ia sukai. Aktor pemeran kapten dari kru *USS Enterprise* ini kembali memberi jawaban atas pertanyaan dari *Crunchyroll*. Kali ini ia mengaku lebih suka karakter dengan rambut pirang, jadi ia menyukai Eli.
![](https://popcon.asia/wp-content/uploads/2017/12/eli-ayase.png)
Eli Ayase
> ? I’m partial to blondes so Eli. [https://t.co/pCR7u4QvlV](https://t.co/pCR7u4QvlV) > > — William Shatner (@WilliamShatner) [December 20, 2017](https://twitter.com/WilliamShatner/status/943321625960767488?ref_src=twsrc%5Etfw)
Seperti sebelumnya, para fans Love Live! kembali memberikan respon terhadap jawaban dari Captain Kirk. Kali ini para fans lebih memperhatikan jawaban dari Captain Kirk yang dianggap keliru. Dalam pertanyaannya pihak Crunchyroll menanyakan mengenai karakter dari seri Love Live! Sunshine!! yang mana merupakan seri kedua dari seri anime idol Love Live!. Tetapi William Shatner justru menjawab dengan nama karakter dari seri Love Live! pertama yakni Eli Ayase. Para fans kemudian menganggap bahwa karakter berambut pirang yang dimaksud Captain Kirk ini adalah Mari Ohara, personil idol grup Aqours dari seri Love Live! Sunshine!!
![](https://popcon.asia/wp-content/uploads/2017/12/mari-ohara.png)
Mari Ohara
 

Sepak terjang para gadis idola dalam seri *“*Love Live” ini dimulai pada tahun 2010 saat majalah Dengeki G’s Magazine mengumumkan proyek kolaborasi dengan studio animasi Sunrise (studio yang membuat seri Gundam) dengan label rekaman Lantis. Proyek Love Live ini mengusung perpaduan tema idol dan animasi, di mana para pengisi suara tergabung dalam sebuah grup idola bernama u’s yang kemudian dibuat karakter animasinya masing-masing. Single pertama µ’s (baca: muse) yang berjudul Bokura no Live, Kimi to no Live dirilis pada bulan Agustus tahun 2010.

Kemudian tiga tahun berikutnya para member grup idol µ’s diadaptasi menjadi seri anime berjudul “Love Live! School Idol Project”. Dalam seri anime ini para karakter µ’s yang semula hanya tampil di video klip mendapatkan narasi cerita untuk anime sepanjang 13 episode. Pada seri animenya diceritakan bahwa SMA Otonokizaka akan ditutup. Untuk menyelamatkan sekolah tersebut, 9 siswi bergabung bersama untuk membuat grup idola µ’s agar menaikkan kembali pamor sekolah tersebut. Anime ini berlanjut ke musim kedua pada tahun 2014 dan film animasi yang rilis di tahun 2015. Selain konser music dan anime, aksi para idol ini juga hadir dalam sebuah game berjudul “Love Live! School Idol Festival” untuk Android dan iOS serta “Love Live! School Idol Paradise” untuk PS Vita.

Proyek idol animasi ini kembali dilanjutkan dengan seri baru yang berjudul Love Live! Sunshine!! Yang menghadirkan grup idol baru bernama Aqours. Seperti pendahulunya grup idol ini beranggotakan karakter animasi dan masing-masing pengisi suara. Grup ini juga diangkat menjadi seri anime yang tayang pada tahun 2016 dan melanjutkan musim kedua pada bulan Oktober tahun 2017. Seri anime Love Live! Sunshine!! Menghadirkan cerita yang hampir mirip dengan seri pendahulunya, yakni kisah para gadis di SMA Uranohoshi yang berusaha mencegah sekolahnya ditutup dengan membuat grup idol untuk menaikkan pamor sekolahnya.

Nah jika Captain Kirk saja mengakui suka Umi, Maki, Nico dan Eli, kira-kira siapa nih karakter Love Live! favoritmu? Jawab di kolom komentar ya!