Episode 130 Dragon Ball Super yang menampilkan pertarungan Goku VS Jiren memang dahsyat tak terkira. Dua episode terakhir seri Dragon Ball ini memang sudah dinantikan sejak lama. Episode 130 yang berjudul “The Greatest Showdown of All Time! The Ultimate Survival Battle!!” yang tayang pada hari Minggu, 18 Maret 2018 dan “The Miraculous Conclusion! Farewell, Goku! Until We Meet Again!” yang tayang minggu depannya, 25 Maret 2018, akan menjadi pertarungan terakhir Goku di serial TV, sebelum lanjut ke layar lebar di bulan Desember tahun ini juga.

Tapi yang menjadi masalah adalah acara nobar dua episode itu di beberapa kota di Mexico yang tidak mendapat izin dari Toei Animation selaku pemilik hak cipta dari Dragon Ball.

AYUNTAMIENTO CAPITALINO TRANSMITIRÁ FINAL DE DRAGÓN BALL EN PLAZA DEL CARMEN – El próximo sábado 17 de marzo, el evento dirigido a los fans de las series animadas japonesas y de los cómics… https://t.co/NhMn42toqj pic.twitter.com/meJiojPk65

— Ayuntamiento de SLP (@AytoSLP) March 10, 2018

Pada tanggal 10 Maret, pemerintah kota San Luis Potosi di Mexico bahkan mengumuman di akun twitter-nya mengenai info Nobar yang diselenggarakan di Plaza Del Carmen.

Kalau pada poster tersebut tertera tanggal 17 Maret, bukan berarti Mexico menayangkannya lebih dulu sehari dari di Jepang, tapi karena zona waktu Mexico memang berada di belakang, 15 jam dari Jepang. Jadi saat Jepang sudah hari Minggu jam 9 pagi, di Mexico masih hari Sabtu jam 6 sore. Dan dengan perkembangan distribusi di TV kabel, juga channel streaming berbayar lainnya, seperti Crunchyroll, memungkinkan penayangan dengan kualitas dubbing atau subtitle yang baik, hanya berjarak beberapa jam saja dari waktu tayang di Jepang.

Tapi, rencana dari beberapa negara di Amerika Selatan, dimana Ecuador, Chile, dan Argentina juga menjadi salah satunya, yang akan menayangkan Dragon Ball Super di tempat umum sudah terendus oleh Toei.

PLEASE READ BELOW⬇⬇ pic.twitter.com/nmNxSg8ZMK

— Toei Animation (@ToeiAnimation) March 13, 2018

Pada hari Senin, 12 Maret 2018 Toei bahkan memberikan pengumuman resmi kalau acara Nobar tersebut ilegal!

Yasushi Takase dari Kedutaan Besar Jepang bahkan mengirimkan surat keberatan satu persatu pada perwakilan pemerintah yang terbukti mengadakan nobar masal di kota-kota mereka.

Embassy of Japan in Mexico sent a note to a Mexican governor regarding the public airing of Dragon Ball Super’s last two eps, asking to suspend it if its illegal because of Toei’s author rights.

Where were you when Dragon Ball became the subject of a diplomatic note? pic.twitter.com/Gmn6QcYQR4

— Kaleb (@KalebPrime) March 19, 2018

Tapi terbukti, beberapa kota tidak mengindahkan peringatan resmi dari Toei melalui Kedubes Jepang tersebut. Bahkan acara tetap berlangsung sangat meriah, seperti yang bisa dilihat dari akun ini:

Photos #DragonBallSuper Episode 130 public live streams hosted by governments across Latin America:
Santiago, Veracruz, Machala (Ecuador) & San Miguel (El Salvador). More photos from Mexico at City of Juárez, Querétaro, San Luis Potosí… And dozens more, possibly hundreds more pic.twitter.com/gOFUPMLElZ

— ?Oppai Senpai? (@MrOppaiSenpai) March 18, 2018

Konon tercatat 30.000 fans dari seluruh Mexico yang menghadiri acara nobar ini. Kecuali untuk kota Mexico City yang menjadi ibukota negara Mexico, karena nobar di sana benar-benar dibatalkan, alias patuh pada peringatan dari Kedubes Jepang. Nah, apakah kota-kota dan negara tersebut masih akan mengadakan nobar kembali untuk episode final hari Sabtu malam waktu setempat?

Yang jelas, walaupun dengan alasan menambah popularitas Dragon Ball yang secara tidak langsung menguntungkan Toei juga, untuk penayangan terbuka di ruang publik tetap membutuhkan izin hak cipta yang berbeda.

Sama seperti tayang sepak bola piala dunia, kalau hanya disaksikan sendiri di rumah-rumah masih legal. Tapi kalau sudah ditayangkan di cafe-cafe, apalagi dengan tiket yang berbayar, siap-siap dituntut oleh pemegang hak siarnya.

Nah, bagaimana menurutmu fenonema nobar ilegal Dragon Ball Super ini? Sebenarnya ini salah siapa sih?

Berikan pendapatmu ya!