Nintendo merupakan salah satu perusahaan teknologi di bidang gaming yang cukup dikenal akan inovasi-inovasinya yang tidak biasa. Pada tahun 2017 perusahaan ini berhasil menarik perhatian dunia saat merilis konsol Nintendo Switch yang menggabungkan konsep portable gaming dengan home console. Kali ini perusahaan game ini memperkenalkan inovasi terbarunya bernama Nintendo Labo yang menggabungkan perangkat gaming Nintendo Switch dengan kardus rakitan yang mengasah kreativitas pemain.

Pada hari Kamis (18/1) pihak Nintendo merilis informasi dari produk terbarunya yang bernama Nintendo Labo. Perangkat ini merupakan sebuah kardus (cardboard) rakitan yang bisa digabungkan dengan konsol Nintendo Switch untuk menjadi beberapa gaming kit. Ide dari dibuatnya perangkat ini adalah untuk menghadirkan pengalaman “build-and-play” saat bermain game di Switch.

Ada berbagai macam jenis kardus yang bisa dibentuk menjadi beberapa perangkat gaming berbeda, mulai dari piano, alat pancing, hingga menjadi sepeda motor. Nantinya berbagai kardus rakitan ini bisa digunakan bagaikan “controller” sesuai dengan bentuknya masing-masing, saat memainkan game piano pemain bisa menekan tombol dari kardus rakitan, begitu juga untuk memainkan game balapan motor, pemain bisa bermain dengan kardus rakitan yang telah dibuat. Tidak hanya itu saja, bahkan kardus ini bisa dibuat untuk pemain bisa mengendalikan robot yang ada di dalam game! Penasaran seperti apa sih wujud dari Nintendo Labo ini? Yuk tonton selengkapnya di video berikut ini:

Bagaimana? Apakah sudah cukup keren dan inovatif menurut kalian? Jika kalian tertarik memiliki kardus gaming ini, sepertinya harus sedikit bersabar karena *Nintendo Labo* baru akan dirilis ke pasaran pada tanggal 20 April 2018. Kardus ini dirilis dalam 2 jenis paket yang bernama* Toy-Con 1 & 2*. Dalam paket *Toy-Con 1* berisi berbagai kardus rakitan untuk dibentuk menjadi mobil remote control, alat pancing, rumah-rumahan, sepeda motor dan piano. Sedangkan di *Toy-Con 2* berisi kardus rakitan yang bisa dibentuk menjadi pengendali robot di dalam game *Switch*. Untuk mewadahi kreativitas para penggunanya pihak *Nintendo* juga menyediakan *Nintendo Labo Customization Set* yang berisi peralatan untuk menghias kardus-kardus rakitan tersebut.

Lalu pertanyaan berikutnya adalah, kira-kira berapa ya harga dari kardus gaming ini? Ternyata set Nintendo Labo Toy-Con 1 dijual dengan harga $69.99 (sekitar Rp940.000) dan Toy-Con 2 dijual ke pasaran dengan harga $79.99 (sekitar Rp1.100.000). Sedangkan paket Nintendo Labo Customization Set dijual dengan harga $9.99 (sekitar Rp135.000). Dengan harga sekitaran 1 juta Rupiah untuk sebuah kardus gaming, menurut kalian apakah ini cukup worth untuk dibeli? Tuliskan pendapatmu mengenai Nintendo Labo ini di kolom komentar ya!

Sumber: Gematsu