Memperingati Hari kebangkitan Nasional, aktris Marcella Zalianty meluncurkan komik bertema sejarah yang berjudul “Keumalahayati”.

Komik yang diluncurkan di Gedung Perpustakaan Nasional, Jakarta Pusat, pada hari Senin tanggal 21 Mei lalu itu dikerjakan oleh komikus Ardian Syaff (Blackest Night: Batman, Green Lantern Corps, Flashpoint: Emperor Aquaman) dan Aris Naka Abee dengan ceritanya ditulis oleh Edna Caroline.

“Jadi saya bersyukur alhamdulillah, hari ini, setelah proses yang cukup panjang, mungkin sekitar setahun lebih, kami melakukan riset, mengenai tokoh laksamana perempuan pertama, Laksamana Keumalahayati,” kata Marcella Zalianty yang mengaku bahwa kalau proses pembuatan komiknya itu sendiri cukup lama.

Istri Ananda Mikola itu sengaja meluncurkan komik *Keumalahayati  *bertepatan dengan Hari Kebangkitan Nasional ini, bertujuan untuk memberikan wawasan bagi generasi muda, agar mengenal sosok pahlawan, salah satunya adalah Keumalahayati.

“Saya melihat juga, hari ini, kita bisa bicara, bahwa di tengah momentum kebangkitan nasional ya, kebangkitan nasional hari ini, pertanyaan-pertanyaan tentang keagamaan, tentang kesetaraan, tentang kebangsaan,” ujarnya yang bertindak sebagai produser dan penggagas komik Keumalahayati.

Keumalahayati adalah salah seorang perempuan pejuang yang berasal dari Kesultanan Aceh. Dia mendapat gelar Laksamana atas keberaniannya memimpin 2.000 orang pasukan Inong Balee (janda-janda pahlawan yang telah syahid) untuk berperang melawan kapal-kapal dan benteng-benteng Belanda tanggal 11 September 1599 sekaligus membunuh Cornelis de Houtman dalam pertempuran satu lawan satu di geladak kapal.

Atas jasa-jasanya kepada Pemerintah Republik Indonesia, Presiden Joko Widodo pada bulan November tahun lalu menganugerahi Keumalahayati yang merupakan Laksmana Perempuan Pertama di Dunia itu dengan Gelar Pahlawan Nasional.

Sumber: Tribun News, Liputan 6