Sudah tidak dapat dipungkiri lagi, perkembangan industri game saat ini sudah maju dengan begitu pesatnya. Mulai dari game konsol, PC, hingga mobile gaming tidak kehabisan game baru dengan sistem dan gameplay yang sudah sangat berkembang. Namun ditengah banyaknya berbagai game baru yang dirilis masih banyak para developer yang justru giat mengembangkan berbagai IP klasiknya agar para pemain bisa bernostalgia.

Salah satu dari sekian banyaknya developer yang mengembangkan IP game klasiknya untuk dirilis dengan teknologi gaming terkini adalah Capcom. Setelah meraup kesuksesan dengan perilisan Monster Hunter World pada awal tahun 2018, perusahaan game asal Jepang ini berniat menghidupkan kembali seri Mega Man (Rock-Man dalam versi Jepangnya) yang dirilis untuk berbagai platform di tahun ini. Menjawab rasa penasaran para fans yang sudah tidak sabar menanti kehadiran game ini, Capcom akhirnya mengumumkan tanggal rilis game Mega Man 11.

Sebelum pengumuman resmi dari Capcom yang diluncurkan pada hari Rabu (30/5), para fans sudah terlebih dahulu mendapat bocoran tanggal rilis game ini. Bocoran tersebut didapat dari layanan PlayStation Store server Singapura yang mencantumkan tanggal 3 Oktober 2018 sebagai tanggal rilis dari game yang masih dalam tahap pre-order ini. Namun beberapa fans masih ada yang belum bisa sepenuhnya mempercayai tanggal tersebut karena masih dianggap bocoran.

Tetapi pada hari Rabu (30/5) pihak Capcom akhirnya memberikan pengumuman mengenai kelanjutan proyek pengerjaan game Mega Man 11 ini. Pengumuman tersebut disampaikan melalui sebuah video trailer terbaru yang dirilis oleh Capcom dengan judul “Mega Man 11 – Pre Order Trailer”. Dalam trailer tersebut Capcom akhirnya resmi mengumumkan bahwa game ini akan rilis pada tanggal 2 Oktober 2018, lebih cepat 1 hari dari bocoran yang didapat dari laman PlayStation Store server Singapura.

Trailer dengan durasi 2 menit 30 detik ini tentu saja tidak hanya menampilkan tanggal rilis semata. Dalam trailer ini ditampilkan pula sebagian cuplikan naraasi cerita yang ada dalam game ini. Video trailer ini dibuka dengan suara dari Doctor Wily sang karakter antagonis dari game ini.

Cuplikan gameplay dari game ini juga tidak lupa dimunculkan dalam trailer ini. Pada trailer ini ditampilkan jelas cuplikan kualitas grafis dari game ini. Uniknya game ini menggabungkan model karakter 3D yang dipadukan dengan gaya side-scrolling 2D. Selain itu, berdasarkan keterangan dalam situs resmi Mega Man 11, disebutkan juga bahwa game ini memiliki visual background environment yang digambar secara tradisional.

Capcom juga mengumumkan fitur utama yang akan menjadi daya tarik dari game Mega Man 11 ini. Dalam game ini Capcom menghadirkan fitur baru bernama Double Gear system. Dengan menggunakan Double Gear system, pemain bisa melambatkan waktu sehingga bisa dengan mudah menghindari rintangan sekaligus mengalahkan musuh yang ada. Selain itu Double Gear system ini juga bisa digunakan untuk meningkatkan kekuatan tembakan yang dikeluarkan oleh Mega Man.

Diceritakan bahwa Double Gear system ini adalah sebuah prototipe teknologi yang diciptakan oleh Doctor Wily saat mengembangkan robot bersama Doctor Light di Robot University. Setelah bertahun-tahun lamanya, Doctor Light masih menyimpan prototipe yang dikembangkan oleh rivalnya tersebut. Ia pun memutuskan untuk menggabungkan Double Gear system ke dalam sistem milik Mega Man agar bisa menghentikan ambisi jahat Doctor Wily. Meskipun begitu Doctor Light mengingatkan Mega Man bahwa Double Gear system itu bisa berbahaya dan membebani sistem miliknya. Namun demi mengalahkan Doctor Wily, Mega Man bersedia memasang sistem tersebut.

Video trailer baru dari Mega Man 11 ini juga menampilkan sekilas cuplikan dari beberapa Robot Master yang akan hadir dalam game ini. Robot Master ini adalah sebutan bagi karakter robot yang memiliki berbagai kekuatan spesial sekaligus menjadi boss bagi setiap stage yang ada di game ini. Karakter Robot Master yang ditampilkan dalam trailer ini adalah DWN.081 Block Man dengan kekuatan mengendalikan batu dan DWN.082 Fuse Man dengan kekuatan mengendalikan listrik.

Game ini akan dirilis secara serentak untuk beragam platform mulai dari PS4, Xbox One, PC, hingga Nintendo Switch. Khusus untuk versi Nintendo Switch, Capcom menghadirkan paket khusus bernama Mega Man 11 – Amiibo Edition. Dalam paket khusus ini pemain bisa mendapatkan berbagai bonus berupa stiker karakter, kain microfiber dengan illustrasi khusus Mega Man 11, dan tentunya satu unit figur Amiibo Mega Man.

  • Amiibo* ini sendiri adalah sebuah action figure khusus dari Nintendo yang dilengkapi dengan fitur NFC (Near-Field Communication). Figur Amiibo ini biasanya bisa digunakan sambil bermain game di konsol pabrikan Nintendo untuk mendapatkan item maupun bonus khusus yang bisa digunakan di dalam game.

Meskipun baru dirilis pada tanggal 2 Oktober 2018, namun pemain sudah bisa melakukan pre-order untuk membeli game ini di berbagai platform. Khusus untuk pemain yang melakukan pre-order akan mendapat bonus tambahan berupa soundtrack tambahan yang bisa digunakan untuk mengganti soundtrack di dalam game. Untuk kalian para fans Mega Man, apakah sudah siap untuk kembali bermain sebagai Blue Bomber dalam game terbarunya ini?

Sumber: Mega Man Official Website