DC Extended Universe (DCEU) rupanya tidak mau kalah dengan Marvel Cinematic Universe (MCU) dalam menghadirkan lagu-lagu catchy di setiap film terbarunya. Setelah “Guardians of The Galaxy” yang full music dari tahun 60 hingga 70-an, begitu juga dengan “Thor: Ragnarok” yang sukses mempopulerkan kembali lagu rock klasik “Immigrant Song” (1970) dari Led Zeppelin, sekarang giliran “Come Together” (1969) dari The Beatles yang resmi menjadi pengisi soundtrack film yang mempertemukan Superman, Batman, Wonder Woman, Aquaman, dan The Flash di film Justice League.

Sebetulnya ini bukan pertama kalinya DCEU punya film dengan musik menarik. Karena sebelumnya sudah ada “Suicide Squad” (2016) yang menghadirkan banyak lagu-lagu baru dan klasik dengan cita rasa baru. Mulai dari “Heathens” milik Twenty One Pilots, “Purple Lamborghini” dari Skrillex dan Rick Ross, hingga “Sucker for Pain” yang dibawakan keroyokan oleh Lil WayneWiz Khalifa, Imagine DragonsLogicTy Dolla $ign, dan X Ambassadors. Lagu-lagu klasik yang di-cover atau dibawakan ulang dengan penyanyi yang berbeda juga menjadi daya tarik film ini. Diantaranya lagu klasik “You Don’t Own Me” (1963) yang dulu dibawakan oleh Lesley Gore, “Bohemian Rhapsody” milik Queen, dan “I Started a Joke” (1968) milik The Bee Gees.

Album soundtrack Suicide Squad ini juga berhasil debut di urutan pertama Billboard 200, menjadi album terlaris di minggu itu, dengan penjualan mencapai 128.000 kopi. Tidak hanya itu, album Soundtrack Suicide Squad juga masuk nominasi Grammy Award untuk kategori Best Compilation Soundtrack for Visual Media dan memenangkan kategori Soundtrack Favorit di Nickelodeon Kids’ Choice Awards 2017. Bandingkan dengan soundtrack Guardians of The Galaxy yang tidak memperoleh satu penghargaan pun, walaupun lebih sukses dari sisi penjualan berkat kompilasi klasik orisinilnya.

Dengan mempertahankan formula* remake* atau cover song seperti yang sudah dilakukan di Suicide Squad, Come Together versi Justice League ini juga tidak dibawakan oleh The Beatles, melainkan oleh Gary Clark Jr. dan Junkie XL. Junkie XL sendiri bukan nama yang asing dalam DCEU, karena pemilik nama asli **Antonius Tom Holkenborg **ini sudah menjalin kerja sama panjang sebagai pengisi background music untuk film “The Dark Knight Rises” (2012), “Man of Steel” (2013), “BVS: Dawn of Justice” (2016), hingga “Wonder Woman” (2017).

Lagu “Come Together” sendiri saking populernya juga pernah dibawakan oleh banyak penyanyi terkenal, seperti Aerosmith (1978), Michael Jackson (1995), dan Soundgarden (2014).  Nah, apakah versi Gary Clark Jr. untuk Justice League ini jadi lebih keren dari versi-versi sebelumnya? Berikan pendapatmu ya!