Masih bingung hari Minggu besok mau kemana? Mau jalan-jalan tapi lagi bokek meski awal bulan? Eits, tenang saja! Karena banyak acara-acara** GRATIS** yang bisa dikunjungi untuk mengisi waktu akhir pekan. Salah satunya adalah “GOSCINNYRIX XL” yang diadakan pada hari Minggu, 5 November 2017 di IFI (Institute Francais d’Indonesie) Thamrin. Di pusat kebudayaan Perancis yang bertempat di Jalan M.H. Thamrin No. 20, Jakarta Pusat ini kamu bisa merasakan taman bertemakan Galia, kampung halamannya Asterix & Obelix.

Walaupun terasa ribet di lidah, tetapi GOSCINNYRIX merupakan gabungan dari nama René Goscinny, ilustrator sekaligus penulis cerita Asterix & Obelix, dengan tiga suku kata akhir dari nama karakternya, Asterix. Sementara XL yang dimaksud di sini adalah angka 40 dalam romawi.

Acara ini memang dibuat oleh Institut Francais Indonesia (IFI) untuk merayakan 40 tahun meninggalnya René Goscinny yang merupakan ilustrator dan penulis dari cerita-cerita seperti Asterix & Obelix, Le Petit Nicolas, Iznogoud, Lucky Luke, dan masih banyak lagi.

Perayaan mengenang René Goscinny sudah banyak dilakukan di berbagai tempat. Salah satunya pendirian batu obelisk setinggi 6 meter di depan Stasiun Angoulême, perayaan festival di Cinémathèque de Paris. Kali ini di Indonesia, IFI Thamrin akan berubah menjadi Taman Asterix!

Tentu saja dengan berbagai agenda menarik dapat ditemukan di GOSCINNYRIX XL seperti pemutaran film dan animasi, workshop menggambar dan mewarnai, berbagai lomba, kelas membuat ramuan ajaib, dan yang paling istimewa adalah kehadiran Madame Asterix, Ibu Rahartati, sang penerjemah komik legendaris!

Acara dimulai pukul 10.00 – 19.00 dengan agenda utama sebagai berikut:
  • 10.00 Pemutaran film Astérix le Gaulois** **(1967)
  • 14.00 Pemutaran film ***Mission Cléopâtre ***(2002)
  • 16.00 Puncak acara seremoni bersama Madame Asterix
  • 17.00 Penutupan & pemutaran film animasi ***Astérix: *Le Domaine des dieux **(2014)

Acara ini GRATIS tanpa perlu reservasi dan tentu saja terbuka untuk umum dari berbagai kalangan usia. Jadi masih bingung hari Minggu besok mau kemana? Atau kamu sudah punya agenda lain? Yang jelas kalau kamu tidak ke sini, akan banyak kehilangan moment yang instagram-able…