Membaca komik, bermain game, ataupun menonton kartun telah menjadi hobi atau bahkan rutinitas tersendiri bagi para fans pop kultur. Dalam menikmati produk hiburan yang telah menjadi kegemarannya tersebut, karakter fiksi menjadi salah satu bagian penting yang tak terlepaskan. Namun kini karakter fiksi tidak hanya hadir sebatas dalam komik, game, maupun animasi saja. Saat ini telah banyak karakter fiksi yang hadir di luar ranah fiksi, melebur ke dalam kehidupan sehari-hari masyarakat urban dalam wujud fashion.

Berkat popularitasnya yang tinggi, berbagai karakter fiksi dari beragam IP mampu menarik minat para produsen dan designer fashion untuk melakukan sebuah kolaborasi khusus. Banyak brand fashion ternama yang meluncurkan produk kolaborasi khusus bertemakan suatu karakter fiksi tertentu. Mulai dari T-shirt hingga sepatu dari brand ternama banyak yang menampilkan desain illustrasi khusus dari beberapa karakter fiksi populer.

![](https://popcon.asia/wp-content/uploads/2018/03/supreme-x-akira-4.jpg)
Kolaborasi Akira X Supreme
 

Hadirnya kolaborasi antara brand fashion dengan karakter fiksi ini seakan menyatukan dua dunia yang benar-benar berbeda. Tren fashion bisa dikatakan sebagai sebuah pop kultur tersendiri, begitu pula dengan komik, game dan animasi. Meski begitu keduanya terlihat berada di sudut yang seolah-olah berbeda, masing-masing punya penikmatnya sendiri yang memiliki perbedaan akan apa objek kesukaannya dan juga bahkan perbedaan dalam pola konsumsi.

Seorang yang mengikuti dan update dengan tren fashion tentu lebih tertarik mengikuti hal seputar fashion kesukaannya, dibandingkan dengan mengikuti rilisan game terbaru setiap bulannya seperti apa yang dilakukan oleh para gamer. Tetapi kini batasan antara kedua dunia tersebut mulai memudar dan bahkan bisa jadi sudah dalam tahap tidak lagi terlihat karena adanya akulturasi antara tren fashion dengan karakter fiksi.

Menariknya, perpaduan antara tren fashion dengan karakter fiksi ini tidak hanya terjadi di Amerika dan Eropa saja. Beberapa karakter fiksi asal Jepang juga menarik perhatian brand fashion untuk menjalin kolaborasi. Apa saja sih karakter fiksi yang pernah berkolaborasi dengan brand fashion ternama? Simak selengkapnya dalam daftar berikut ini:

  1. Hulk Jordan CP3.II

Pada tahun 2009, Air Jordanmengumumkan kolaborasi dengan karakter superhero Hulk dari Marvel Comics. Dalam kolaborasi ini, sang superhero bertubuh besar dengan warna hijau ini ditampilkan dalam produk Jordan CP3.II. Karakteristik karakter Hulk dengan tubuh besar dan warna hijaunya sangat terlihat jelas dalam produk kolaborasi ini.

  1. The Simpsons X A Bathing Ape

Salah satu brand yang cukup dikenal oleh para Hypebeast, A Bathing Ape atau yang akrab disebut sebagai BAPE ternyata pernah menjalin kolaborasi dengan seri animasi yang memiliki episode terpanjang di Amerika Serikat, yakni The Simpsons. Pada tahun 2014, BAPE merilis katalog kolaborasi dengan seri The Simpsons. Dalam katalog ini, BAPE merilis berbagai produk dengan illustrasi The Simpsons mulai dari T-shirt, jaket, celana, hingga topi.

  1. Popeye X Supreme

Siapa yang masih ingat dengan karakter pelaut yang tidak bisa dilepaskan dari sayuran bayam yang bisa membuatnya kuat? Selain rutinitasnya menghentikan aksi jahat Brutus yang selalu membuat repot, Popeye ternyata pernah menjalin kolaborasi dengan Supreme!

Pada musim gugur-musim dingin tahun 2010, Supreme merilis koleksi kolaborasi dengan Popeye si pelaut. Dalam kolaborasi ini Supreme menghadirkan jaket, T-shirt dan hoodie dengan ilustrasi khusus Popeye. Ternyata keterlibatan Popeye dalam pasukan angkatan laut di militer menjadi inspirasi bagi desain produk spesial ini loh!

  1. Converse X DC Comics Shoes

Brand ternama lain yang menjalin kolaborasi dengan karakter fiksi adalah Converse. Anak perusahaan dari Nike ini pernah berkolaborasi dengan film Justice League merilis sebuah sepatu khusus yang cukup menarik minat para fans DC Comics. Sepatu ini menampilkan para superhero Justice League di kedua sisinya. Slogan khas dari film ini yang berbunyi “Join the League” juga dimunculkan dalam sepatu seharga $65 (sekitar Rp900.000) ini.

  1. Converse X Ultraman

Tidak hanya berkolaborasi dengan superhero asal Amerika Serikat, Converse juga pernah berkolaborasi dengan superhero asal Jepang, yaitu Ultraman. Pada tahun 2016, Converse merilis sepatu khusus dengan tampilan desain khas dari karakter seri tokusatsu besutan Tsuburaya Production ini. Ternyata perilisan sepatu Converse X Ultraman ini bertepatan dengan peringatan ulang tahun ke-50 dari seri Ultraman. Sepatu yang bisa menyala dalam gelap (glow in the dark) ini dijual dengan harga $90 (sekitar 1,3 juta Rupiah).

  1. Supreme X Akira

Pada tahun 2017, para Hypebeast dan penggemar anime dikejutkan dengan pengumuman kolaborasi antara Supreme dengan film anime fenomenal Akira. Menurut keterangan dari Katsuhiro Otomo sang kreator dari film Akira, sebenarnya sudah sejak lama Supreme mengusulkan kolaborasi dengan Akira. Hanya saja ia sempat beberapa kali menolak usulan tersebut hingga pada akhirnya di tahun 2017 ia sepakat menjalin kolaborasi dengan Supreme.

Tidak tanggung-tanggung, dalam kolaborasi ini Supreme menghadirkan beragam produk mulai dari jaket, T-shirt, sweater, topi, piring, tempat sumpit, hingga papan skate. Yang lebih mengejutkan lagi, salah satu seniman asal Perancis, Charles Monteverdi menghias mobil Fiat 500 dengan desain Akira X Supreme! Sungguh kolaborasi penuh totalitas ya.

  1. Slam Dunk X Air Jordan

Apakah kamu masih ingat dengan sosok Hanamichi Sakuragi? Seri anime olahraga bola basket Slam Dunk merupakan salah satu anime lawas yang cukup lekang di ingatan generasi 90’an karena anime adaptasi komik karangan Takehiko Inoue ini sempat tayang di stasiun tv swasta dalam negeri. Ternyata pada tahun 2014, Air Jordan sempat berkolaborasi dengan anime Slam Dunk merilis sepatu Air Jordan 6 edisi khusus.

Sepatu kolaborasi khusus ini tampil dengan warna merah khas seragam tim basket sekolah Shohoku. Selain itu di sepatu ini juga terdapat beberapa illustrasi adegan komik Slam Dunk. Nuansa khas Slam Dunk semakin terasa dengan kehadiran angka 10 di sepatu ini, di mana 10 adalah nomor punggung dari sang karakter utama, Hanamichi Sakuragi.

  1. Splatoon 2
> BREAKING NEWS: Yeezys are a thing in Splatoon 2! [#okaythen](https://twitter.com/hashtag/okaythen?src=hash&ref_src=twsrc%5Etfw) [#yeezys](https://twitter.com/hashtag/yeezys?src=hash&ref_src=twsrc%5Etfw) [#Splatoon2](https://twitter.com/hashtag/Splatoon2?src=hash&ref_src=twsrc%5Etfw) [pic.twitter.com/2SjrRyDhLx](https://t.co/2SjrRyDhLx) > > — ɴɪɴᴛᴇɴᴅᴀᴠᴇʏ (@nintendavey) [July 25, 2017](https://twitter.com/nintendavey/status/889963928448643072?ref_src=twsrc%5Etfw)
Pada tahun 2017, Nintendo mengejutkan dunia dengan merilis konsol terbarunya yaitu *Nintendo Switch*. Dalam konsol ini, Nintendo merilis game first party mereka yang cukup ikonik, *Splatoon 2*. Game ini menghadirkan fitur kustomisasi karakter, dan ternyata pemain bisa menghias karakter miliknya dengan sepatu *Yeezy Boost 750*. Dalam game ini terdapat item bernama *Black Norimaki 750s* yang [terlihat mirip](https://hypebeast.com/2017/7/splatoon-2-kanye-wests-yeezy-boost-750) dengan sepatu *Yeezy Boost 750*.

Hubungan antara Splatoon 2 dengan brand sepatu ternyata tidak berhenti sampai situ. Pada hari Jumat (16/3) game ini mengumumkanin-game event Splatfest baru yang dimulai pada tanggal 24 Maret 2018. Dalam pengumuman tersebut ternyata pihak Nintendo juga mengumumkan kolaborasi dengan Nike.

Selain contoh-contoh di atas, sebenarnya masih banyak lagi brand maupun karakter fiksi yang saling berkolaborasi membuat produk fashion yang unik. Bahkan di Jepang sendiri ada beberapa brand fashion yang mengkhususkan diri membuat produk-produk yang berkolaborasi dengan beberapa seri anime. Seperti halnya Tokyo Hybrid Mind Market yang pernah membuat sepatu kolaborasi khusus dengan seri anime Love Live! School Idol Project serta brand Super Groupies yang berkolaborasi dengan Cardcaptor Sakura Clear Card merilis lini fashion khusus.

Hadirnya kolaborasi antara karakter fiksi dalam produk fashion ini bisa dilihat sebagai salah satu strategi kreatif pengembangan IP dari sebuah karakter. Dengan hadir dalam beragam produk fashion, sebuah karakter fiksi bisa dikembangkan menjadi media yang tidak terbatas pada produk hiburan fiktif seperti komik, animasi, dan game saja. Di Jepang sendiri dikenal konsep Media Mix di mana narasi dari sebuah karya bisa diturunkan seluruhnya atau sebagian unsurnya ke dalam berbagai macam media mulai dari buku, animasi, komik hingga merchandise. Kolaborasi dengan beberapa brand fashion ternama menjadi salah satu alternatif menghadirkan narasi dari sebuah karya dalam medium produk fashion.

Dari segi marketing dan bisnis sendiri, kolaborasi antara brand fashion dengan IP karakter fiksi memberikan peluang masing-masing pihak untuk melakukan penetrasi ke pangsa pasar baru. Pihak pemegang IP karakter fiksi bisa memasarkan karakternya (memperluas fanbase) kepada khalayak penggemar fashion atau penggemar brand tertentu. Di sisi lain, pihak brand fashion bisa memasarkan produknya dan/atau mengenalkan brandnya kepada para geek penggemar karakter fiksi tersebut.

![](https://popcon.asia/wp-content/uploads/2018/03/supreme-x-akira-3.jpg)
Kolaborasi ini seakan menyatukan para fans Akira dengan produk Supreme
 

Penerapan kolaborasi antara karakter fiksi dengan brand fashion memang membuka banyak peluang baru. Pemilik karakter fiksi bisa memperluas jaringan merchandising dari karakternya, dan pemilik brand fashion bisa menggapai pangsa pasar baru. Meski begitu, untuk mencapai hasil yang maksimal perlu dilakukan treatment khusus yang tidak sembarangan agar kolaborasi antara karakter fiksi dengan brand fashion ini bisa menghasilkan produk yang menarik bagi pasar para fans karakter maupun pasar dari brand fashion itu sendiri.

Desain produk menjadi salah satu hal yang perlu diperhatikan dengan baik dalam kolaborasi antara karakter fiksi dengan fashion. Sebagai sebuah produk visual, karakter fiksi tentu memiliki ciri khas desainnya masing-masing, seperti warna biru yang menjadi ciri khas karakter Sonic, warna merah biru dari karakter Spiderman, ataupun rambut jabrik khas karakter Goku dari Dragon Ball. Berbagai ciri khas visual masing-masing karakter ini tidak bisa semata-mata ditempelkan begitu saja dalam produk fashion yang berkolaborasi dengannya. Perlu dilakukan penyesuaian agar visual dari sebuah karakter bisa tampil dengan pantas dalam berbagai produk fashion. Hal ini menjadi krusial agar produk yang dihasilkan bisa menarik minat fans karakter fiksi tersebut maupun pasar yang sudah dimiliki dari pihak brand.

![](https://popcon.asia/wp-content/uploads/2018/03/LL-Sneakers.jpg)
Warna khas masing-masing karakter Love Live diimplementasikan dalam desain sepatu.
![](https://popcon.asia/wp-content/uploads/2018/03/ccs-sg.jpg)
Tidak perlu menampilkan visual karakter, cukup dengan warna pink sudah bisa menghadirkan nuansa Cardcaptor Sakura dalam produk fashion.
 

Melihat sudah banyaknya karakter fiksi yang mulai muncul mewarnai industri kreatif dalam negeri, bukannya tidak mungkin kolaborasi seperti ini bisa juga dilakukan di Indonesia. Salah satu karakter asal Indonesia yang telah melakukan kolaborasi dengan brand fashion ini adalah Si Juki. Karakter besutan Faza Meonk ini telah berkolaborasi dengan Brodo, salah satu brand fashion ternama dalam negeri. Kolaborasi ini diluncurkan bertepatan dengan rilisnya film Si Juki the Movie: Panitia Hari Akhir pada akhir tahun 2017. Dalam kolaborasi ini Brodo X Si Juki menghadirkan beragam produk merchandise eksklusif.

Indonesia sudah banyak memiliki karakter fiksi dengan fansnya yang beragam, begitu juga dengan kreativitas produsen fashion dalam negeri yang berhasil membuat beberapa brand dalam negeri mendapat pengakuan dari dunia internasional. Maka dari itu, bukan tidak mungkin lagi jika ke depannya akan semakin banyak karakter fiksi asal Indonesia yang berkolaborasi baik dengan brand fashion lokal maupun internasional. Kira-kira menurut kamu karakter fiksi asal Indonesia apa ya yang cocok berkolaborasi dengan produk fashion?

Dirangkum dari berbagai sumber