Sejak kemunculan trailernya, Power Rangers mendapatkan beragam respon terutama pada desain karakter lima jagoan anak 90-an ini. Kalo dulu ribut-ribut berebut jadi Ranger Merah, sekarang ribut-ribut membandingkan desain karakter Power Rangers yang dulu dengan yang sekarang. Lima komikus Indonesia, yaitu Hendry Prasetya (Komikus Power Rangers), Mukhlis Nur (Komikus Only Human), Fauzy Zulvikar (Komikus Wanoja), Haryadhi (Komikus RIXA), dan Beny Maulana (Komikus Super Santai) berbagi pendapat tentang desain karakter Power Rangers nih.

Gimana menurut kamu desain karakter Power Rangers yang sekarang?

**Hendry Prasetya: **Kalau menurut saya pribadi, kostum yang dulu masih lebih bagus karena lebih iconic dan secara desain lebih sesuai dengan Zord dan spirit powernya.

**Mukhlis Nur: **Kalau saya pribadi agak bingung kalau disuruh memilih. Secara general, saya lebih suka kostum yang lama, alasannya karena lebih iconic dan desainnya memang ciri khas dari ‘super sentai’. Sedangkan versi barunya kurang iconic, agak jauh dari source material-nya dan kalau tidak dijejerkan (terlihat kalau mereka warna-warni) menurut saya tidak terlihat seperti Power Rangers.
Dan saya tidak suka dengan helm ‘bermulut’-nya itu, menurut saya tidak cocok dengan desain keseluruhannya. Tapi di sisi lain saya bisa mengerti pendekatannya yang ingin lebih serius dan menargetkan target
audience yang lebih dewasa. Sedangkan Power Rangers/super sentai aslinya sejak dulu ditargetkan untuk anak-anak.

**Fauzy Zulvikar: **Kalau dilihat dari gambar sama trailer mah, desain yang baru jadi lebih modern, gelap dan garang. Dibandingkan dengan yang dulu kayaknya lebih suka yang dulu, alasannya pertama helmnya lebih ganteng yang dulu. Yang baru mah bentuknya (entah ini karena distorsi gambarnya atau emang beneran begitu) terlalu panjang jadi kayak gepeng, terus warnanya juga terlalu gelap. Yang dulu warnanya cerah, simple dan kesannya lebih friendly.

**Haryadhi: **Secara warna lebih suka yang dulu, satu karakter warna dominannya cuma 2. Misal Red Ranger, cuma merah dan putih. Kalau yang 2017, udah ada merah, ada silver, ada ungunya, kurang enak dilihat. Secara bentuk sih oke-oke aja dengan yang sekarang karena yang dulu kurang ‘alien’ memang.

**Beny Maulana: **Menurut saya desain kostum Power Rangers sekarang terlalu memaksakan diri untuk menjadi ‘realistis’ dengan tekstur dan bentuk-bentuk yang menunjukkan bahwa kostum ini adalah teknologi alien dan bentuk-bentuk organik yang justru menghilangkan ciri khas dari tiap karakter Ranger, dimana kita hanya bisa melihat perbedaan tiap Ranger hanya melalui warna, sedangkan di desain klasik Power Rangers helm masing-masing karakter menunjukkan ciri khas mereka, hanya sekali melihat kita bisa tahu kalau Ranger Merah mewakili Tyrannosaurus, Ranger Biru adalah Triceratops, dan lain-lain. Sedangkan di Power Rangers baru ini bentuk-bentuk itu dijadikan abstrak, jadi helm yang bentuknya jadi lebih mirip sama helm sepeda daripada bentuk-bentuk dinosaurus yang diwakili oleh tiap karakter.

Bentuk wajik di desain kostum Power Rangers lama adalah elemen desain yang juga menjadi ciri khas Power Rangers, elemen-elemen ini tampil diulang di bagian dada, sarung tangan, dan boots masing-masing Ranger, sayangnya di desain baru bentuk wajik ini direduksi hanya tampil menjadi satu bagian di dada Ranger saja, dan makin tersembunyi dengan digunakan warna ungu kelap-kelip yang menurut saya makin nabrak dengan warna-warna masing-masing Ranger. Menurut saya untuk membuat kostum Ranger yang cocok untuk movie, desain kostum Power Rangers movie di tahun 90an itu sudah cukup keren, cukup setia dengan desain klasik yang muncul di TV dengan detail yang cukup pantas untuk dijadikan kostum movie.

Jika diminta untuk mendesain karakter yang sekarang, kira-kira apa yang ingin diubah/ditambah/dikurangi?

**Hendry Prasetya: **Kalau disuruh desain ulang, saya akan tetap mempertahankan aspek desain yang dulu, dengan sedikit modifikasi. Kebetulan di versi komik saya dapat kesempatan mendesain salah satu versi alternate-nya Black Ranger.

![](http://popconasia.com/wp-content/uploads/2017/03/Power-Ranger-Ranger-Black-431x1024.jpg)
*Alternate Black Ranger di komik Mighty Morphin Power Rangers Issue #11*
 

**Mukhlis Nur: **Saya akan menghilangkan atau mengubah bagian mulut itu jadi lebih sesuai dengan bentuk-bentuk dan ornamen kostumnya sehingga tidak seperti mulut manusia dicetak di situ. Saya mungkin akan mempertahankan dan lebih menonjolkan bentuk geometris putih dari kostum aslinya, tentunya tetap diadaptasi ke tema futuristik dan seriusnya.

**Fauzy Zulvikar: **Mungkin warnanya dibuat lebih terang terutama bagian warna abu-abunya, helmnya dibuat agak pendek biar nggak keliatan gepeng, terus yang terakhir mungkin dikasih sarung tangan dan sepatu warna putih hahaha. Ya, selera pribadi sih itu.

**Haryadhi: **Bentuknya udah oke, tapi dua warna dominannya lebih ditonjolkan aja, misal Red Ranger, merah dan putih aja, nggak usah ada warna ungunya.

**Beny Maulana: **Yang mau diubah itu desain helm menjadi lebih dekat dengan desain klasik, menampilkan dinosaurus yang memang diwakili oleh masing-masing karakter, menambahkan elemen warna putih yang bisa memecah kebosanan warna sekarang yang justru menabrakkan warna masing-masing Ranger dengan warna ungu yang tidak cocok sama sekali. Mengurangi elemen-elemen ‘alien’ yang lebih menjadikan kostum Ranger menjadi lebih ‘hi-tech’ feel, mungkin lebih dekat ke desain kostumnya Black Panther yang masih kelihatan bertekstur tapi penggunaannya masih bisa terlihat lincah. Mengembalikan elemen bentuk wajik untuk lebih prominent.

Jika diminta untuk mendesain Power Rangers baru, mau bikin Power Rangers yang seperti apa?

**Hendry Prasetya: **Kalau disuruh bikin Power Rangers baru, saya mungkin akan bikin yang temanya makanan hahaha! Kan belum ada tuh. Soalnya hampir semua tema udah dibikin, dari hewan sampai ninja udah ada Rangernya. Lucu kali kalau ada Yellow Ranger itu rendang umpamanya. Red Ranger itu sambel gitu hahaha.

**Mukhlis Nur: **Saya pribadi pengen melihat serial Power Rangers / super sentai yang ‘monstrous‘, yang desain karakter-karakternya lebih mirip monster dari pada hero. Mungkin bisa dibilang saya ingin mendesain super sentai yang beneran suram dan berat ceritanya. Seperti yang dilakukan pada remake-nya Kamen Rider Amazon baru – baru ini.

**Fauzy Zulvikar: **Pengennya nggak akan beda jauh dari yang dulu. Mungkin jatuhnya kayak desain movie Power Rangers yang pertama (1995) haha. Pengennya sih gitu, tapi nggak tau deh kalau udah nonton nanti hahaha.

**Haryadhi: **Mungkin pengen bikin Power Rangers yang organik, jadi bahan kostumnya kayak makhluk hidup yang parasit nempel di orangnya hehe.

**Beny Maulana: **Mau bikin Power Rangers yang Zordnya memang gede banget, nggak kecil kayak di movie sekarang, terus setting-nya di masa depan, post-apocalypse macam Pacific Rim gitu. Jadi Rita Repulsa dan monster-monsternya sudah menguasai bumi dan Power Rangers baru dicari oleh Zordon yang gagal mencegah Rita Repulsa untuk menguasai bumi.

Gimana pendapat 5 komikus Indonesai tentang desain karakter Power Rangers tadi? Ada yang punya pendapat lain? Atau malah ada yang uda siap buat nge-cosplay kostum baru Power Rangers di Popcon Asia nanti?