Pada tahun 2018 ini majalah komik Shonen Jump terbitan Shueisha akan merayakan ulang tahunnya yang ke-50. Dalam perayaan ulang tahun ke-50 ini ada banyak kolaborasi yang dijalin oleh Shonen Jump dengan menghadirkan beragam karakter-karakter ternamanya di berbagai media. Mulai dari Uniqlo yang menghadirkan katalog T-shirt bertemakan para karakter Shonen Jump, hingga Nintendo juga ikut berkolaborasi dengan merilis NES mini spesial Shonen Jump dalam momen spesial ini. Tidak mau kalah, kali ini giliran Bandai Namco Entertainment yang menghadirkan crossover karakter Shonen Jump dalam sebuah game fighting terbarunya.

Dalam ajang E3 (Electronic Entertainment Expo) 2018, publisher game Bandai Namco Entertainment dan developer**Spike Chunsoft mengumumkan perilisan game terbaru mereka yang berjudul Jump Force. Game ini akan menghadirkan crossover para karakter dari berbagai komik terkenal Shonen Jump yang akan saling bertarung satu sama lain. Sebenarnya ini bukanlah game fighting crossover Shonen Jump pertama yang pernah dirilis, sebelumnya Bandai Namco juga pernah merilis game J-Stars Victory VS, namun bedanya, dalam game Jump Force kali ini para karakter Shonen Jump tersebut akan bertarung satu sama lain di berbagai tempat ikonik di dunia nyata.

“Untuk pertama kalinya, para karakter komik ternama akan masuk ke arena pertarungan baru: dunia nyata tempat kita berada. Para karakter ini akan bergabung sebagai Jump Force untuk melawan kekuatan jahat yang mengancam dunia kita.” ucap pihak Bandai Namco dalam keterangan resminya.

Menurut keterangan yang disampaikan dalam konferensi pers pihak Microsoft di panggung E3 2018, disebutkan bahwa game ini dikembangkan menggunakan teknologi Unreal Engine 4. Penggunaan teknologi ini dipilih untuk menghasilkan visual dengan nuansa realis yang sangat berbeda dari game bertema anime rilisan Bandai Namco Entertainment sebelumnya. Ini bukan pertama kalinya Bandai Namco merilis game dengan Unreal Engine 4, sebelumnya mereka telah merilis game Sword Art Online: Fatal Bullet dengan menggunakan engine yang sama.

Siapa saja karakter Shonen Jump yang akan hadir di game ini? Sementara ini pihak Bandai Namco baru menampilkan beberapa karakter dari seri Naruto, Dragon Ball Z, dan One Piece yang dipastikan hadir di game ini. Karakter tersebut adalah Naruto, Sasuke, Goku, Frieza, Luffy, dan Roronoa Zoro. Namun dalam video trailer yang dirilis, terlihat ada karakter Light dan Ryuk dari Death Note yang belum dipastikan apakah mereka akan menjadi playable character atau hanya NPC semata. Untuk arena pertarungan sendiri, sampai saat ini pihak Bandai Namco dan Spike Chunsoft baru memastikan akan menghadirkan Matterhorn (pegunungan Alpen) dan Times Square di New York City sebagai arena pertarungan para karakter Shonen Jump ini.

Secara gameplay, game ini akan mengusung konsep 3D fighting game, di mana pemain akan saling bertarung dalam arena pertarungan 3D yang lumayan luas. Dari beberapa video gameplay yang telah beredar, sepertinya game ini memiliki sistem pertarungan tag team di mana pemain bisa memilih 3 karakter untuk bertarung melawan 3 karakter milik musuh yang akan muncul bergantian. Pemain juga bisa melakukan pergantian karakter di tengah-tengah pertempuran dengan 2 karakter lain yang telah dipilih sebelumnya.

Game ini direncanakan akan rilis pada tahun 2019 untuk konsol *PS4, Xbox One,* dan *PC* (rilis secara digital). Game ini nantinya bisa dimainkan oleh 2 pemain baik secara *offline* maupun *online*. Untuk bahasa yang digunakan game ini akan menggunakan bahasa Jepang untuk suara dan bahasa Inggris, Perancis, Itali, Jerman, Spanyol, Brazil, Portugis, Arab, Mandarin, Korea, Polandia, dan Rusia untuk teks.

Meskipun sudah dipastikan akan rilis pada tahun 2019, namun masih belum ada kepastian tanggal kapan game ini akan dirilis. Selagi menunggu kepastian tersebut, kita hanya bisa menunggu karakter Shonen Jump dan tempat di dunia nyata mana lagi yang akan ditampilkan di game ini. Menurut kalian, siapa lagi karakter Shonen Jump yang cocok untuk tampil di game Jump Force ini ya?

Sumber: Gematsu, Bandai Namco Entertainment