Manga dan anime seakan menjadi salah satu unsur yang tidak bisa terpisahkan dari negara Jepang. Karena tingginya popularitas anime, hampir segala yang ada di Jepang bisa dibuat menjadi karakter anime. Mulai dari hewan, bangunan, hingga kapal perang bisa menjadi sosok karakter anime dengan gaya moe yang imut. Tidak tanggung-tanggung, Jepang juga mengubah para tokoh bersejarah menjadi karakter anime.

Baru-baru ini, salah satu tokoh sejarah asal Jepang kembali “direinkarnasi” sebagai karakter bergaya anime. Memperingati 450 tahun lahirnya Megohime, istri dari penguasa Jepang di abad ke-17 Masamune Date, sebuah kampanye kreatif pun diluncurkan. Tidak tanggung-tanggung, kampanye kreatif ini berani mengangkat sosok wanita bersejarah tersebut sebagai karakter anime yang tampil menawan.

Menurut sejarah, Megohime adalah istri dari Masamune Date yang lahir pada tahun 1568 dan meninggal dunia di usia 85 tahun pada tanggal 21 Februari 1653 (antara periode Azuchi-Momoyama hingga periode Edo). Megohime yang dikenal juga dengan julukan Lady Tamura ini lahir di kota Miharu, prefektur Fukushima. Ia adalah anak tunggal dari keluarga Tamura Kiyoaki dan Okita.

Proyek kampanye peringatan ulang tahun ke-450 dari tokoh Megohime ini diprakarsai oleh pemerintah kota Miharu di prefektur Fukushima bekerjasama dengan studio animasi GAINAX  yang membuat anime*** Neon Genesis Evangelion, Nadia: The Secret of Blue Water*** dan Gunbuster. Dalam proyek kampanye ini, tokoh Megohime dihidupkan kembali sebagai karakter anime yang tampil dalam berbagai merchandise layaknya karakter anime lainnya.

Kampanye ini diluncurkan sebagai bagian dari promosi kota Miharu yang menjadi tempat kelahiran Megohime. Selain itu, Fukushima juga menjadi tempat berdirinya salah satu studio animasi dari GAINAX.

Sebenarnya ini bukanlah pertama kalinya tokoh Megohime diangkat menjadi sosok karakter anime. Sebelumnya dalam seri Sengoku Basara, Megohime pernah ditampilkan sebagai karakter anime. Bahkan studio GAINAX Fukushima juga pernah membuat animasi web series yang mengangkat sosok Megohime menjadi karakter anime.

Dalam proyek ini, Yoshiyuki Sadamoto sang desainer karakter dari seri Neon Genesis Evangelion, The Girl who Leapt Through Time dan .hack ikut serta membuat desain karakter dari istri Masamune Date ini. Untuk membuat desain karakter Megohime bergaya anime ini, ia tidak bekerja sendirian. Ia juga dibantu oleh illustrator bernama Mari Araki yang pernah membuat desain poster untuk pameran bertajuk Manga-Anime-Games From Japan.

Untuk lebih mempopulerkan sosok Megohime dalam balutan desain karakter terbaru ini, dibuatlah sebuah Itasha (sebutan untuk mobil dengan hiasan anime). Keseluruhan body dari mobil tersebut dihias dengan illustrasi dari karakter Megohime.

> 本日情報解禁致しました「愛姫PRキャラクター」のお披露目会の様子です! > 3月14日より特設サイトやYouTube また、福島県内の民放各局のテレビCM枠内にてプロモーション映像を視聴いただけます!ナレーションは声優の東山奈央さんに演じていただきました! > ▽特設webサイト[https://t.co/H1cbE6l3mD](https://t.co/H1cbE6l3mD) [pic.twitter.com/pcJlfqDsfM](https://t.co/pcJlfqDsfM) > > — 福島ガイナックス (@fukushimagainax) [March 13, 2018](https://twitter.com/fukushimagainax/status/973450978954420227?ref_src=twsrc%5Etfw)
Tidak hanya itu saja, pemerintah kota Mahiru dan studio animasi GAINAX cabang Fukushima juga membuat sebuah anime yang dibintangi oleh karakter ini. Pada hari Senin (12/3) channel [YouTube](https://www.youtube.com/channel/UCr06nHoa4Nd59wIwxYh2QNw) milik pemerintah kota Mahiru merilis anime singkat berdurasi 15 detik yang menampilkan sosok karakter Magohime. Dalam versi anime ini, karakter ini disuarakan oleh Nao Toyama, seiyuu yang mengisi karakter Rin Shima dalam anime *Yuru Camp*.

Anime singkat tersebut juga ditayangkan sebagai iklan (TVC) di beberapa stasiun televisi di Jepang. Untuk mempromosikan kegiatan yang berlangsung sepanjang tahun ini, pemerintah kota Mahiru juga merilis website khusus yang menampilkan profil serta sejarah tokoh Megohime dengan menggunakan illustrasi anime buatan Yoshiyuki Sadamoto dan Mari Araki.

Dalam website tersebut juga terdapat informasi seputar kota Mahiru. Satu hal yang paling menarik dalam website khusus tersebut adalah adanya informasi panduan wisata ke berbagai tempat bersejarah yang menjadi bagian dari kisah hidup Megohime di kota Mahiru.

Strategi yang diluncurkan oleh pemerintah kota Mahiru ini sepertinya sangat kreatif dan inovatif. Hadirnya sosok Megohime dengan desain karakter anime ini bisa menarik kalangan muda untuk kembali mendalami sejarah dengan cara yang tidak membosankan. Selain itu, pemerintah kota Mahiru juga bisa mempromosikan wisata daerahnya kepada kalangan muda dan penggemar anime. Kira-kira apakah strategi seperti ini bisa dilakukan juga di Indonesia ya?

Sumber: Crunchyroll, Website Pemerintah Kota Mahiru, Website Resmi Peringatan 450 tahun Kelahiran Megohime