Apapun akan dilakukan oleh seorang fans untuk membuktikan bahwa dirinya adalah seorang fans yang berdedikasi. Jika kamu fans komik atau game, kamu pasti akan berusaha mengoleksi segala hal seputar komik atau game kesukaanmu demi mendapat predikat “fans yang budiman dan berdedikasi tinggi”. Hal-hal seperti ini juga sering dialami oleh para fans idol (wota), baik itu wota idol 3D seperti JKT48 atau Keyakizaka 46 maupun wota idol 2D yang suka karakter idol di anime akan melakukan apapun untuk mengoleksi merchandise terbaru dari masing-masing idola favoritnya.

Sebagai salah satu fenomena trend di tahun 2017, hype fidget spinner sepertinya masih belum berakhir. Menutup akhir tahun, sambutlah fidget spinner “Love Live! Sunshine!!” yang bisa menjadi salah satu koleksimu.

7-eleven Jepang atau lebih spesifiknya 7-net yang merupakan outlet online shopping-nya 7-eleven, baru-baru ini mengumumkan kalau mereka bekerja sama dengan perusahaan Spin Gear untuk membuat fidget spinner bertema Aquors. Saat ini fidget spinner Aquors sudah bisa mulai dipesan pre-order online dan juga bisa didapatkan di Comiket 93 Jepang yang digelar akhir bulan ini.

> 国内全数検品、安心のスピンギア製。デザインもキャップを大きく改良してます。【ハンドスピナー】スピンギア×ラブライブ!サンシャイン!!(全員セット) [https://t.co/lmJsiz8PBo](https://t.co/lmJsiz8PBo) [pic.twitter.com/Q7U29i8m1Y](https://t.co/Q7U29i8m1Y) > > — SPINGEAR/スピンギア (@SPINGEAR) [December 15, 2017](https://twitter.com/SPINGEAR/status/941524325932326913?ref_src=twsrc%5Etfw)
Bentuk *fidget spinner* ini agak sedikit berbeda dengan *fidget spinner* yang biasa ditemui di pedagang pinggir jalan maupun toko online di Indonesia. *Fidget spinner “Love Live! Sunshine!!”* ini memiliki dua sisi dengan balutan desain khas dari masing-masing karakter grup idol Aquors. Bahkan *packaging* dari mainan ini juga dilengkapi dengan illustrasi karakter dan warna khas dari masing-masing idol 2D tersebut.

Tertarik untuk memiliki merchandise ini? bersiaplah karena harga fidget spinner Aquors ini terbilang cukup mahal. Harganya sekitar 2,500 Yen atau sekitar 300,000 Rupiah untuk satu buah fidget spinner. Tetapi harga ini tentu tidak terlalu mahal jika kamu memang fans berat “Love Live! Sunshine!!”.

Jika harga tersebut terlalu mahal, tenang saja karena ternyata ada paket diskon khusus dari *fidget spinner* ini. Jika kamu membeli satu paket yang berisikan 3 *fidget spinner*, harganya menjadi 7,125 Yen atau sebanding dengan 860,000 Rupiah. Paket ini berisi 3 karakter yang dikelompokkan sesuai angkatan kelasnya. Paket 1 berisi member kelas 1 yang terdiri dari karakter Hanamaru, Ruby, dan Yoshiko. Paket 2 berisi member kelas 2 yang terdiri dari You, Chika, dan Riko. Sedangkan paket 3 berisi karakter Dia, Mari, dan Kanan sebagai member grup idol Aquors yang duduk di kelas 3 SMA Uranohoshi.

Tidak hanya itu saja, bagi kamu yang memang mengaku sebagai fans berat “Love Live! Sunshine!!” atau bagi yang mau beli patungan, kamu bisa membeli paket berisi 9 member. Full set fidget spinner 9 member Aquors ini dihargai 21,375 Yen atau sekitar 2,588,000 Rupiah.

Sepak terjang para gadis idola dalam seri *“*Love Live” ini dimulai pada tahun 2010 saat majalah Dengeki G’s Magazine mengumumkan proyek kolaborasi dengan studio animasi Sunrise (studio yang membuat seri Gundam) dengan label rekaman Lantis. Proyek Love Live ini mengusung perpaduan tema idol dan animasi, di mana para pengisi suara tergabung dalam sebuah grup idola bernama u’s yang kemudian dibuat karakter animasinya masing-masing. Single pertama µ’s (baca: muse) yang berjudul Bokura no Live, Kimi to no Live dirilis pada bulan Agustus tahun 2010.

Kemudian tiga tahun berikutnya para member grup idol µ’s diadaptasi menjadi seri anime berjudul “Love Live! School Idol Project”. Dalam seri anime ini para karakter µ’s yang semula hanya tampil di video klip mendapatkan narasi cerita untuk anime sepanjang 13 episode. Pada seri animenya diceritakan bahwa SMA Otonokizaka akan ditutup. Untuk menyelamatkan sekolah tersebut, 9 siswi bergabung bersama untuk membuat grup idola µ’s agar menaikkan kembali pamor sekolah tersebut. Anime ini berlanjut ke musim kedua pada tahun 2014 dan film animasi yang rilis di tahun 2015. Selain konser music dan anime, aksi para idol ini juga hadir dalam sebuah game berjudul “Love Live! School Idol Festival” untuk Android dan iOS serta “Love Live! School Idol Paradise” untuk PS Vita.

Proyek idol animasi ini kembali dilanjutkan dengan seri baru yang berjudul Love Live! Sunshine!! Yang menghadirkan grup idol baru bernama Aqours. Seperti pendahulunya grup idol ini beranggotakan karakter animasi dan masing-masing pengisi suara. Grup ini juga diangkat menjadi seri anime yang tayang pada tahun 2016 dan melanjutkan musim kedua pada bulan Oktober tahun 2017. Seri anime Love Live! Sunshine!! Menghadirkan cerita yang hampir mirip dengan seri pendahulunya, yakni kisah para gadis di SMA Uranohoshi yang berusaha mencegah sekolahnya ditutup dengan membuat grup idol untuk menaikkan pamor sekolahnya.

Jika tertarik, kamu bisa cek link ini untuk memborong fidget spinner dengan spesial Love Live! Sunshine!! ini. Dan ngomong-ngomong siapa nih karakter dari grup Aquors yang menjadi idol favorit versi kamu? Tuliskan nama karakter favoritmu di kolom komentar yah!