Blog

Destinasi Wisata yang Populer Karena Anime (bagian 1)



Posted on Apr 12, 2017

Anime merupakan salah satu produk media yang tak dapat terpisahkan dalam budaya pop Jepang. Dengan berbagai daya tariknya mulai dari karakter hingga cerita, anime berhasil menjadi perhatian dunia ketika melihat Jepang. Beberapa anime banyak yang menampilkan berbagai ciri khas unik yang dimiliki Jepang seperti keragaman budaya dan kesenian yang dimiliki negeri Sakura tersebut. Seringkali anime juga menampilkan keindahan serta keunikan dari berbagai lokasi tertentu yang ada di Jepang . Oleh karena itu, beberapa lokasi yang ditampilkan dalam sebuah anime banyak yang menjadi destinasi wisata tersendiri baik bagi para otaku maupun wisatawan yang mencari destinasi unik. Tidak jarang juga sebuah anime dijadikan sebuah kampanye promosi wisata di suatu daerah. Kira-kira apa saja ya anime yang mempromosikan berbagai destinasi wisata unik nan menarik di Jepang? Simak daftarnya berikut ini.

 

1. Love Live! School Idol Project

Love Live! School Idol Project merupakan proyek mix media dari studio animasi Sunrise yang bertemakan idol group. Seri anime ini mengisahkan 9 siswi dari SMA Otonokizaka yang berusaha menyelamatkan sekolahnya yang terancam ditutup. Untuk menyelamatkan sekolahnya, para siswi tersebut membuat idol group u’s (dibaca muse, seperti grup band asal Inggris) untuk memenangkan ajang kompetisi Love Live! School Idol Project dan menyelamatkan sekolah mereka.

Seri anime ini banyak menampilkan suasana distrik Akihabara di Tokyo. Mulai dari suasana jalanan, stasiun kereta, hingga gedung GAMERS, salah satu bangunan yang cukup ternama di Akihabara ditampilkan dalam anime ini. Tempat lain yang juga ditampilkan di anime ini adalah gedung Akihabara UDX. Dalam seri anime Love Live! Gedung ini menjadi lokasi sekolah UTX, tempat school idol A-Rise, rival dari grup u’s berasal.

Berbicara mengenai Love Live! Terdapat salah satu lokasi yang sangat iconic dalam seri tersebut yakni kuil Kanda Myojin. Kuil Kanda Myojin terletak tidak jauh dari pusat distrik Akihabara ini merupakan rumah dari karakter Nozomi Tojo dari grup idol u’s di anime Love Live! Para personil u’s juga sering melakukan latihan fisik dengan menaikki tangga menuju kuil tersebut. Oleh karena itu kuil Kanda Myojin ini menjadi destinasi wisata khusus bagi para penggemar seri Love Live! Bahkan kuil Kanda Myojin ini juga menunjuk karakter Nozomi Tojo sebagai Miko sekaligus maskot resmi dari kuil ini.

 

(Sumber gambar)

 

(sumber gambar)

 

(sumber gambar)

 

Di kuil ini pengunjung juga dapat dengan mudah menemui berbagai hal yang berkaitan dengan Love Live! Berbagai poster yang menampilkan para karakter Love Live! Terpasang di kuil ini. Kuil Kanda Myojin ini juga memiliki tempat untuk menggantung Ema, jimat yang terbuat dari ukiran kayu yang berisi doa. Menariknya, kuil ini menjual berbagai Ema khusus dengan illustrasi dari anime Love Live. Para pengunjung juga banyak yang menggantungkan Ema dengan gambar karakter Love Live. Waktu yang cocok untuk mengunjungi kuil ini adalah saat tahun baru karena pada saat itulah kuil ini ramai didatangi pengunjung baik untuk lihat-lihat maupun mereka yang datang untuk melakukan ibadah tahun baru.

 

(sumber gambar)

 

(sumber gambar)

 

2. Girls und Panzer

Girls und Panzer adalah seri anime produksi studio animasi Actas yang rilis pada tahun 2012. Seri anime ini mengisahkan para siswi sekolah yang tergabung dalam klub pertempuran tank dan melakukan pertandingan tank melawan sekolah lain. Seri ini mengambil latar tempat kota Ooarai di prefektur Ibaraki.

Para penggemar Girls und Panzer juga dapat mengenal keunikan dari kota Ooarai melalui anime tersebut. Salah satu daya tarik khas dari kota Ooarai yang ditampilkan dalam seri anime tersebut adalah perayaan festival Anglerfish Festival yang digelar setiap tahunnya di kota tersebut. Selain itu, Anglerfish yang dalam bahasa Jepangnya juga disebut sebagai Anko menjadi nama Anko Team, tim pertempuran tank (senshado) dari karakter utama di seri ini.

 

(sumber gambar)

 

Berkat popularitasnya, seri anime Girls und Panzer pun akhirnya ditampilkan dalam festival tahunan kota Ooarai tersebut. Pada tahun 2013, festival ini berhasil dikunjungi oleh 65.000 pengunjung. Angka pengunjung tersebut jauh lebih tinggi dibandingkan tahun sebelumnya yang hanya mencapai 25.000 pengunjung, sebelum menggandeng seri anime Girls und Panzer. Seisi kota Ooarai serentak dipenuhi dengan hiasan Girls und Panzer mulai dari standee karakter yang dipasang di depan kedai, hingga kereta yang dihias dengan karakter anime tersebut. Ladang persawahan yang ada di kota tersebut juga dihias membentuk tulisan Panzer Vor! Kata-kata khas dari seri anime Girls und Panzer yang diucapkan para karakter untuk memberi semangat saat sedang menjalani pertempuran tank.

 

(sumber gambar)

 

(sumber gambar)

 

Selain di festival Anglerfish, anime Girls und Panzer ini juga digunakan untuk mempromosikan berbagai kegiatan dan destinasi wisata lain yang ada di kota Ooarai ini. Pada tahun 2015 stasiun kereta milik JR East memasang poster promosi wisata musim panas dengan menghadirkan anime Girls und Panzer.

 

(sumber gambar)

 

(sumber gambar)

 

3. Wake Up Girls

Selain Love Live! Anime bergenre idol group lain yang mempromosikan wisata dari suatu daerah adalah Wake Up Girls. Seri anime ini mengisahkan perjuangan grup idola asal Sendai demi menjadi grup idola ternama. Anime yang disutradarai oleh Yutaka Yamamoto ini pertama kali rilis pada tahun 2014

 

 

 

(sumber gambar)

 

Seri anime ini banyak menghadirkan berbagai tempat menarik yang ada di Sendai. Ada berbagai tempat ikonik di seri anime Wake Up Girls yang bisa dikunjungi para fans mulai dari kafe Bijou dan Mitsubachi yang muncul di episode 1 dan 3. Selain menjual makanan dan minuman, kafe ini juga menyediakan merchandise khusus Wake Up Girls. Tempat lain di Sendai yang menjadi ikon dari anime ini adalah Live House MACANA karena di tempat inilah para gadis WUG pertama kali mengadakan konser perdananya. Pengunjung juga bisa membeli oleh-oleh khas Sendai di Kumagai-ya, menariknya di anime WUG tempat ini adalah rumah dari karakter Airi Hayashida. Oleh karena itu, selain bisa membeli oleh-oleh khas Sendai, tempat ini juga diramaikan dengan hiasan Wake Up Girls dan beberapa merchandise khusus WUG yang bisa dibeli.

 

 

 

 

(sumber gambar)

 

Berkat popularitas seri anime tersebut, Wake Up Girls telah menjadi salah satu ikon tersendiri bagi kota Sendai. Pihak Sendai Tourism, Convention, and International Association bahkan merilis peta wisata khusus yang menampilkan berbagai objek wisata yang tampil dalam anime Wake Up Girls. Para karakter ini juga tampil dalam sebuah acara khusus yang diselenggarakan di bandara Sendai. Bahkan pemerintah prefektur Miyagi, tempat kota Sendai berada membuat sebuah iklan promosi wisata dengan anime Wake Up Girls.

 

(sumber gambar)

 

 

Kira-kira anime apalagi ya yang memiliki potensi besar untuk mempromosikan pariwisata suatu daerah di Jepang? Apakah di Indonesia sendiri ada IP yang menjadi icon pariwisata? Baca kelanjutannya di artikel bagian kedua ya!

 

 

 

 

 







Popcon Asia

Pop Con Asia is the premier pop culture event by Pop Con Inc, dedicated to creating awareness of, and appreciation for creative and popular art forms.


Copyright 2017 © Popcon Asia