Blog

Destinasi Wisata yang Populer Karena Anime (bagian 2)



Posted on Apr 14, 2017

Artikel ini merupakan kelanjutan dari artikel di bagian pertama

Pada bagian sebelumnya telah dibahas beberapa anime yang digunakan sebagai promosi tempat wisata yakni Love Live! School Idol Project yang mempromosikan kuil Kanda Myojin, Girls und Panzer yang menjadi duta wisata kota Ooarai di prefektur Ibaraki dan Wake Up Girls yang mempromosikan berbagai destinasi wisata di wilayah Sendai. Di bagian kedua ini dibahas beberapa judul anime lain yang juga dijadikan sarana untuk promosi destinasi wisata di berbagai daerah di Jepang. Anime yang dibahas kali ini adalah Anohana, your name, serta Yuri!! on Ice.

 

4. Anohana

Anohana merupakan salah satu judul seri anime bergenre drama yang cukup fenomenal. Selain karena kisahnya yang menyentuh dan penuh haru, seri anime ini juga meyuguhkan keindahan kota Chichibu sebagai latar tempat cerita anime tersebut berlangsung. Kepopuleran anime ini menjadikan seri Anohana ini diangkat ke dalam berbagai media mulai dari komik hingga film live-action. Selang 4 tahun berikutnya, di tahun 2015, tim produksi dari seri anime Anohana merilis sebuah film animasi berjudul The Anthem of The Heart. Sama seperti Anohana, film ini kembali menghadirkan kota Chichibu sebagai latar ceritanya. Berkat popularitasnya yang tinggi, para penggemar seri anime Anohana menjadikan kota Chichibu yang terletak di sebelah barat Prefektur Saitama ini sebagai destinasi wisata, terutama saat musim panas.

 

(sumber gambar)

 

Pengunjung bisa berwisata ke kota ini melalui salah satu pintu masuk utama kota Chichibu yakni stasin Seibu Line Chichibu. Memasuki stasiun ini pengunjung langsung disuguhkan dengan nuansa anime Anohana yang sangat kental. Bahkan saat hendak memasuki stasiun Chichibu, suara announcer di kereta berubah menjadi suara para karakter anime Anohana. Setibanya di stasiun, pengunjung bisa mampir ke gerai toko souvenir yang memajang berbagai merchandise dari anime Anohana serta The Anthem of The Heart. Tidak hanya itu di stasiun tersebut juga terdapat peta tour Anohana untuk para pengunjung yang ingin melakukan napak tilas kisah perjalanan para karakter anime tersebut.

 

 

(sumber gambar)

 

Membahas mengenai Chichibu dan Anohana, tidak lengkap tanpa membahas satu tempat yang sangat ikonik dan penuh kenangan bagi para penggemar anime Anohana. Jembatan Chichibu adalah lokasi kunci di anime Anohana karena di atas jembatan inilah sosok Menma muncul. Para penggemar Anohana pun menjadikan jembatan ini sebagai destinasi wajib saat mengunjungi Chichibu. Aliran air dari sungai Arakawa melintas di bawah jembatan yang dibangun pada tahun 1985 ini.

 

(sumber gambar)

 

(sumber gambar)

 

Destinasi wisata lainnya di kota Chichibu yang juga sering dimunculkan di anime Anohana adalah kuil Jishhozan Jorin-ji. Kuil Buddha ini memang lebih kecil dari kuil Chichibu namun bagi para penggemar Anohana, kuil ini merupakan tempat ikonik karena di kuil inilah tempat Menma dan teman-temannya bermain semasa kecil. Kuil ini juga menjual merchandise berupa papan doa dengan ilustrasi karakter anime Anohana.

 

(sumber gambar)

 

(sumber gambar)

 

5. Your Name

Sutradara kenamaan Makoto Shinkai kembali menghadirkan karya terbarunya di tahun 2016. Film animasi Kimi No Na Wa atau Your Name berhasil menjadi salah satu film anime yang populer baik di Jepang maupun di Indonesia. Film ini mengisahkan kejadian aneh yang dialami oleh Mitsuha serta Taki yang saling bertukar tubuh setelah sebuah komet melintas.

 

(sumber gambar)

 

Setelah film Your Name tayang, setting lokasi tempat film ini ramai dikunjungi oleh para fans. Sekitar 750.000 fans dikabarkan mendatangi daerah Hida di Prefektr Gifu. Berbagai tempat yang ditampilkan dalam anime Your Name seperti stasiun, perpustakaan dan kuil ramai dikunjungi pengunjung. Bahkan perpustakaan Hida juga menjual sake Kuchikamizake seharga 3.240 Yen. Dilaporkan bahwa kunjungan wisata anime Your Name ini menyumbang pemasukan untuk wilayah Hida sebesar 18,5 juta Yen.

 

 

(sumber gambar)

 

Berbagai respons positif dan tingginya popularitas dari film ini membuat pihak Cool Japan Initiatives mengadakan sebuah program wisata khusus Your name. Menjelang akhir bulan Januari 2017 Cool Japan Initiatives menggandeng Anime Tourism Association membuka pendaftaran terbuka bagi siapapun yang ingin mengikuti program wisata Your Name secara gratis. Wilayah yang menjadi destinasi wisata dari program ini adalah daerah Hida di Prefektur Gifu dan Tokyo.

Pendaftaran program wisata ini berlangsung dari tanggal 20 Januari hingga 28 Februari 2017. Para pendaftar terpilih berhak mengikuti wisata gratis selama 6 hari dengan waktu keberangkatan mulai tanggal 1 Maret hingga 30 April, tergantung tempat keberangkatan masing-masing peserta. Dalam program ini dipilih 30 orang yang beruntung dari setiap Negara yang berpartisipasi. Program ini didanai langsung oleh pihak pemerintah Jepang dengan anggaran sebesar 130 juta Yen.  

 

6. Yuri!! On Ice

Pada tahun 2016 studio animasi MAPPA merilis Yuri!! On Ice, sebuah anime original yang mengangkat tema mengenai olahraga Figure Skating. Seri anime ini mengisahkan mengenai seorang atlit figure skating asal Jepang, Yuri Katsuki yang kalah dalam kejuaran dunia. Suatu hari seorang atlit figure skating asal Rusia, Viktor Nikiforov yang merupakan idola Yuri datang ke Jepang dan memutuskan untuk melatih Yuri. Seri ini mengambil latar tempat di sebuah kota bernama Hasetsu di Kyushu, Jepang. Sebenarnya kota ini merupakan kota fiktif yang terinspirasi dari kota sungguhan yang bernama Karatsu di prefektur Saga, Kyushu.

Menariknya pada tahun 2016 pemerintah kota Karatsu melalui program Sagaprise merancang sebuah proyek pariwisata yang menggandeng seri anime Yuri!! On Ice. Dalam proyek bernama Saga!! On Ice ini Pemerintah kota Karatsu dan Prefektur Saga memiliki tujuan untuk menjadikan kota Karatsu sebagai destinasi wisata bagi para anime otaku yang ingin melakukan ziarah anime Yuri!! On Ice. Melalui program ini pemerintah kota Karatsu dan Prefektur Saga juga merilis berbagai merchandise khas dari kota Karatsu serta berbagai merchandise khusus Yuri!! On Ice untuk menarik minat para penggemar anime tersebut untuk berkunjung ke sana.

 

 

Salah satu daya tarik utama dalam melakukan sebuah ziarah anime adalah mengunjungi tempat-tempat ikonik yang dijadikan latar tempat dalam anime tersebut. Ada beberapa destinasi pilihan di kota Karatsu yang diangkat ke dalam anime Yuri!! On Ice, salah satunya adalah stasiun kereta Karatsu yang di animenya memiliki nama stasiun Hasetsu. Destinasi wisata lain yang cukup ikonik dari anime ini adalah istana Karatsu tempat Viktor Nikiforov selfie untuk diunggah di akun Instagram miliknya. Jembatan Maizuru tempat Yuri melakukan latihan fisik, serta pusat perbelanjaan Kyomachi juga salah satu destinasi ikonik Yuri!! On Ice lainnya yang tidak bisa dilewatkan begitu saja saat mengunjungi Karatsu. Untuk mempermudah para penggemar Yuri!! On Ice yang ingin berwisata ke Karatsu, pemerintah kota Karatsu mengunggah foto perbandingan lokasi di kota tersebut dengan adegan di anime Yuri!! On Ice. Foto-foto tersebut bisa dilihat melalui situs resmi pemerintah kota Karatsu.

 

 

(sumber gambar)

 

Industri animasi Jepang yang telah berdiri selama puluhan tahun tidak dipungkiri telah menjadi salah satu ciri khas dari negara Jepang. Besarnya potensi dari industri kreatif Jepang membuat anime tidak hanya berhenti sebagai produk media hiburan saja tapi juga mampu digunakan sebagai media yang mengenalkan pariwisata dan kekhasan yang dimiliki berbagai objek wisata dan daerah di Jepang dengan promosi yang kreatif. Baik pemerintah Jepang melalui program Cool Japan Initiative maupun pemerintah daerah masing-masing membuat sebuah program khusus untuk anime tourism.

Industri kreatif Indonesia yang masih berkembang bukannya tidak mungkin jika sebuah komik ataupun animasi karya Indonesia dikemas dengan mengangkat kekhasan masing-masing daerah. Bisa jadi ke depannya akan terbentuk program pariwisata kreatif yang menghadirkan berbagai IP lokal yang mengenalkan kekhasan berbagai daerah yang ada di Indonesia. Bisa jadi juga para kreator yang kamu temui di Popcon Asia 2017 nanti merupakan salah satu kreator yang IP-nya digunakan untuk pariwasata Indonesia!

 







Popcon Asia

Pop Con Asia is the premier pop culture event by Pop Con Inc, dedicated to creating awareness of, and appreciation for creative and popular art forms.


Copyright 2017 © Popcon Asia