Serial animasi Avatar: The Last Airbender atau yang masyarakat Indonesia kenal dengan nama Avatar: The Legend of Aang memanglah telah berakhir 2008 silam, tetapi petualangan Aang dan tim Avatar masih melanjutkannya sejak diabadikan dalam lembaran komik Dark Horse.

Musim semi ini, dua komik terbaru Avatar akan rilis. Salah satunya berjudul Avatar: The Last Airbender – Imbalance Part One” yang merupakan part pertama dari trilogi terbaru dari komik yang ceritanya merupakan kelanjutan dari cerita utama serial animasinya. Dalam komiknya, diceritakan Aang dan teman-temannya; Katara, Sokka, dan Toph menemukan diri mereka berada di dalam situasi konflik antara para pengendali (bender) dengan yang bukan pengendali (non-bender).

“Avatar: The Last Airbender – Imbalance Part One” ini akan menampilkan kolaborasi penulis yang baru saja debut Faith Erin Hicks (The Nameless City) dan artist Peter Wartman, yang selama ini telah lama bekerja sama dengan penulis komik Avatar Gene Luen Yang. Seperti Gene Luen Yang, Hicks dan Wartman nantinya akan berkolaborasi dengan kreator Avatar yaitu Michael Dante DiMartino dan Bryan Konietzko.

Nah, sementara komik yang satunya lagi nantinya berbentuk antalogi komik oneshot dan menampilkan banyak kreator, penulis, dan artist. Antalogi komiknya ini berjudul Avatar: The Last Airbender – Team Avatar Tales. Isi komiknya beberapa berasal dari koleksi Free Comic Book Day yang telah dipublikasikan sebelumnya, sementara yang lainnya terbilang baru.

Komiknya nanti akan dikemas dalam gaya Avatar klasik dan komik dikemas dalam dua bentuk cerita yaitu cerita petualangan (misalnya; menyelamatkan petani dari monster) dan cerita dengan refleksi serius dalam isu-isu yang mendalam (misalnya; apa artinya menyelamatkan dunia). Selain Yang dan Hicks, kreator yang akan ditampilkan ada Carla Speed McNeil (Finder), Ron Koertge (Vampire Planet), Dave Scheidt (Dreamworks Trolls, Wrapped Up), dan Sara Goetter (Dungeon Critters, Boozle).

“Avatar: The Last Airbender – Team Avatar Tales” akan dijual pada 5 September, lalu diikuti oleh “Avatar The Last Airbender – Imbalance Part One” pada 10 Oktober mendatang. Jadi, buat para penggemar Aang dan teman-teman, siap-siapkan diri kalian ya!

Sumber: Entertainment Weekly