Bagi kamu pemerhati film Indonesia, bulan Januari ini ada banyak pilihan film yang bisa kamu tonton. Dari 6 film yang baru dirilis di minggu kedua dan ketiga Januari, masih ditambah dua judul film lagi yang berasal dari Desember 2017, yang masih sukes bertahan, mereka adalah “Susah Sinyal” dan “Ayat-Ayat Cinta 2”.

“Susah Sinyal” adalah film garapan Ernest Prakasa yang bisa dibilang sebuah film keluarga dengan balutan komedi yang pas. Bagi kamu yang dekat dengan sosok Ibu, atau kamu yang sudah menjadi Ibu, film ini menyajikan momen-momen mengharukan, yang mungkin bisa membuatmu menitikkan air mata. Jadi, kalau kamu berpikir ini film komedi ala-ala “Comic 8” yang juga dibintangi banyak komika (Stand Up Comedian), siap-siap untuk kecewa. Tapi kalau kamu mau mengajak orang tua dan seluruh keluarga, film yang sudah ditonton lebih dari 2 juta orang ini bisa jadi pilihan yang tepat.

Yg belom nonton @SusahSinyalMov, monggo! 🙂 #SusahSinyalMovie pic.twitter.com/SafUbB1Scy

— #SusahSinyalMovie (@ernestprakasa) January 19, 2018

Kemudian ada “Ayat-Ayat Cinta 2”, film yang nyaris menembus 3 juta penonton. Daya tarik Fahri (Fedi Nuril) memang masih menjual. Apalagi kali ini ia ditemani lebih banyak aktris-aktris cantik. Mulai dari Tatjana Saphira, Chelsea Islan, Dewi Sandra, Nur Fazura, Millane Fernandez, Jihane Almira, Melayu Nicole Hall, Syifa Hadju, hingga Dian Nitami. Banyak banget kan? Tapi jangan tanya bagaimana logika cerita dari film yang disutradarai oleh Guntur Soeharjanto ini. Kalau kamu penasaran, kamu bisa langsung mengunjungi bioskop-bioskop yang masih memutarnya. Tapi kalau tidak, review yang satu ini mungkin bisa mewakili.

Kemudian ada film legenda romantis “Maipa Deapati & Datu’ Museng”, horor “Arumi”, dan “Forever Holiday in Bali”. Ketiganya tayang perdana mulai 11 Januari yang lalu. Tapi diantara 3 judul itu, hanya “Arumi” yang masih tayang di Jakarta. “Forever Holiday in Bali” yang dibintangi Thunder, bintang K-Pop asal Thailand, hanya tersisa di bioskop di kota Denpasar saja. Begitu juga dengan “Maipa Deapati” yang hanya tersisa di Jayapura, Makassar, Palu, dan Samarinda. Uniknya, diantara ketiga film Indonesia itu, Maipa-lah yang paling banyak penontonnya. Beruntung deh buat kamu yang sudah sempat menontonnya. Jarang-jarang lho ada film legenda kolosal ala Romeo & Juliet yang dibuat di Indonesia.

Nah, untuk film Indonesia yang masih bener-bener fresh, karena baru tayang perdana hari Kamis kemarin, kamu bisa menyaksikan “Flight 555”, “Rumah Belanda”, dan “Silariang: Cinta Terlarang”. Ketiganya datang dari genre yang berbeda, bisa kamu pilih tergantung mood-mu lagi pengen nonton yang lucu-lucu, pengen terbawa suasana mellow, atau sedikit tegang ketakutan.

Tapi diantara ketiga judul tadi, peluangmu untuk bisa menyaksikan “Rumah Belanda” sangat terbatas. Karena di jaringan 21, film dari Apollo Pictures ini hanya tersedia di tiga bioskop saja, yakni Bassura (Pasar Gembrong), Blok M Square, dan Sunter XXI. Kecil kemungkinannya bisa bertahan sampai minggu depan. Sedangkan untuk film Silariang, kondisinya sedikit lebih baik, karena tersedia di 5 bioskop di Jakarta, plus 19 kota lainnya di seluruh Indonesia.

Pilihan berikutnya tentunya ada “Flight 555”, film yang sejak awal diposisikan sebagai film komedi ini memang pilihan terbaik bagi kamu yang ingin melepas stress dengan humor-humor absurd dan slapstick, yang tidak perlu mikir lagi, yang penting bisa ketawa. Tapi bagi para cowok, film ini punya daya tarik lain… 

Dibintangi oleh Mikha Tambayong, Meriza Febriani, Gisella Anastasia, Dena Rachman (yes, Dena Rachman yang mantan penyanyi cilik itu), film ini pas banget bagi kamu yang fetish pramugari-pramugari cantik dengan balutan seragam yang ketat. Mikha kali ini berperan sebagai Shantal, pramugari paling baik di penerbangan (flight) 555 maskapai Komodo tujuan Denpasar. Juga ada Meriza yang berperan sebagai pramugari senior yang terlihat baik, namun menyimpan misteri. Gisel yang juga banyak dipromosikan dalam film ini ternyata tidak memiliki peran penting dalam alur cerita. Dan yang cukup mengejutkan adalah penampilan dari Dena Rachman (dahulu bernama Renaldy) yang tidak takut mengekspos sisi transgender-nya, yang mungkin baru banyak dieksplor di film ini.

Selain mereka, film ini menampilkan banyak sekali aktor-aktris populer sampai berjumlah 40 orang lebih! Mulai dari Mathias Muchus, Beddu, Jaja Miharja, Ingrid Wijanarko, dan Tarra Budiman (ini pemeran utamanya lho). Selain itu juga ada penampilan dari Rian dan Band d’Masiv yang tidak hanya membawakan lagu tema, tapi juga berakting dan (berusaha) melawak. Bagi kamu yang berencana menonton film ini bersama orang tua, ingatkan orang tuamu kalau penyanyi lawas Julius Sitanggang juga berperan di film ini sebagai pilot yang gemar bernyanyi.

Dari sisi komedi, dengan nama-nama komika seperti Abdur, Anyun, Mo Sidik, Arafah Rianti, dan Chandra Agustian pastinya tidak perlu diragukan lagi. Adegan demi adegan di awal nyaris dihajar terus dengan banyolan, mulai dari yang lucu, sampai yang ngga jelas. Sayangnya mulai ke pertengahan, lawakannya jadi monoton dan membosankan. Untungnya film ini hanya berdurasi 106 menit, jadi kamu tidak perlu tersiksa terlalu lama.

Diluar unsur komedi, film ini juga termasuk film romantis. Ada kisah cinta antara Tarra dan Mika yang happy ending, dengan cara yang tak terduga. Penasaran kan? Diantara film lainnya, “Flight 555” bisa jadi kandidat terkuat untuk box office berikutnya, sebelum “Dilan 1990” tayang minggu depan!

Kalau kamu sudah menentukan pilihan, buruan cek jadwal tayang film Indonesia tadi di bioskop-bioskop kesayanganmu dan jangan lupa berikan pendapatmu ya~

Foto Cover: Mikha Tambayong