Ajang E3 (Electronic Entertainment Expo) 2018 yang telah cukup lama dinanti-nanti oleh para gamer akhirnya telah dimulai. Setiap tahunnya para gamer dengan penuh antusias menanti apa saja game terbaru yang akan dipersembahkan oleh para publisher dan developer ternama yang berpartisipasi dalam acara ini. Bethesda, salah satu perusahaan game yang sangat dikenal dengan berbagai game fenomenalnya seperti The Elder Scrolls V: Skyrim dan Fallout kembali hadir di ajang E3 dan memberi kejutan besar bagi para gamer di seluruh dunia.

Dalam ajang E3 kali ini, Bethesda menghadirkan beragam game terbarunya yang dikembangkan oleh berbagai tim developernya yang berada di seluruh penjuru dunia. Ada berbagai game baru dan juga judul terbaru dari berbagai seri game ternama rilisan Bethesda yang diumumkan dalam ajang E3 kali ini, namun dari semua pengumuman tersebut para gamer di seluruh dunia dikejutkan dengan kabar mengenai game terbaru dari seri The Elder Scrolls.

Kejutan pertama yang dihadirkan oleh Bethesda di E3 2018 untuk seluruh fans seri The Elder Scrolls adalah dirilisnya trailer dari game Skyrim: Very Special Edition. Dalam trailer ini, ditampilkan sosok aktor Keegan-Michael Key yang ingin bermain Skyrim, namun bingung apakah ingin bermain di Nintendo Switch atau di Xbox One. Akhirnya ia pun memutuskan untuk memainkan Skyrim di perangkat, Amazon Alexa Smart Speaker.

*“Ketika Skyrim dan kehidupan bisa menjadi satu.”* itulah slogan yang disematkan oleh *Bethesda* dalam trailer yang menghadirkan Keegan-Michael Key bermain *Skyrim* melalui *Alexa*, menggunakan *voice command* dan percakapan layaknya tengah bermain *TRPG* dengan *Alexa* sebagai sang *Game Master*. Tidak hanya bisa dimainkan di *Alexa, Skyrim: Very Special Edition* juga bisa dimainkan di *Motorolla Pager*, hingga *Samsung Smart Refrigerator*. Tetapi, seperti judulnya yang terlalu mencurigakan, keseluruhan trailer ini hanyalah lelucon karangan *Bethesda* semata.

Namun, tidak seluruhnya kabar mengenai The Elder Scrolls adalah lelucon dalam ajang E3 kali ini. Selain memberikan detail mengenai ekspansi terbaru dari game The Elder Scrolls Online dengan judul Summerset dan perilisan The Elder Scrolls Legend di konsol, Bethesda juga mengumumkan mengenai game The Elder Scrolls VI.

Sejak pertama kali dirilis pada tahun 2011, The Elder Scrolls V: Skyrim telah menjadi salah satu game yang sangat fenomenal yang pernah dirilis oleh Bethesda. Hampir tujuh tahun berlalu sejak Skyrim pertama kali dirilis, para fans di berbagai forum internet terus menerus menanyakan kapankah Bethesda merilis game The Elder Scrolls VI. Tidak banyak juga para fans yang membuat spekulasi, fan-theory, dan bahkan fanmade trailer dari game tersebut. Tetapi semua teori, spekulasi, dan harapan para fans akhirnya terjawab setelah Bethesda memastikan akan benar-benar merilis The Elder Scrolls VI.

Pengumuman tentang game The Elder Scrolls VI disampaikan langsung oleh Todd Howard, Director dari Bethesda Softworks. Ia memastikan bahwa game yang “telah lama dinanti dan terus ditanyakan oleh para fans” ini kini dalam tahap pra produksi. Dalam konferensi pers di E3 2018 Bethesda juga merilis video pengumuman* The Elder Scrolls VI* yang masih belum memiliki judul pasti. Namun jika dilihat dari pemandangan yang ada dalam video tersebut, sebagian fans berasumsi bahwa bisa jadi game ini akan memiliki judul Hammerfell karena pemandangan yang ditampilkan sangat mirip dengan wilayah Hammerfell dalam dunia game The Elder Scrolls.

Terkait akan dirilis di konsol mana game ini nantinya, ia memastikan bahwa *The Elder Scrolls VI* akan hadir untuk konsol *“next-generation”*. Kata *“next-generation”* yang diucapkan oleh Todd Howard ini sepertinya mengisyaratkan para fans untuk menanti sedikit lebih lama perilisan game ini. Konsol *PS4* dan *Xbox One* yang beredar saat ini memang seringkali disebut sebagai konsol *Next-Gen*, tapi setidaknya itu sebelum *Sony* menyatakan bahwa *life-cycle**PS4* telah memasuki tahap akhir dan *Microsoft* memastikan tengah mengembangkan konsol *Xbox* baru. Jadi bisa saja game ini baru akan rilis saat *Sony* dan *Microsoft* telah menghadirkan konsol penerus *PS4* dan *Xbox One* yang masih belum dapat dipastikan kapan akan dirilis.

Tidak hanya itu, Bethesda juga mengumumkan akan merilis game The Elder Scrolls: Blades untuk perangkat smartphone. Dalam konferensi pers di E3 2018, Todd Howard menampilkan teaser gameplay dari game yang dimainkan di perangkat iPhone X ini. Dari video tersebut, terlihat bahwa game The Elder Scrolls: Blades ini benar-benar akan menghadirkan gameplay dari game The Elder Scrolls yang sesungguhnya ke dalam perangkat smartphone, berbeda dari game The Elder Scrolls Legends yang sebelumnya rilis lebih awal di smartphone dengan gameplay CCG (Collectible Card Games).

Ada tiga mode berbeda yang bisa dimainkan dalam game The Elder Scrolls: Blades yang terdiri dari Abyss, Arena, dan Town. Dalam mode Abyss, pemain bisa menguji ketahanan diri dengan menjelajahi Procedurally-Generated Dungeon yang tidak berujung. Selain PvE (Players vs Environment), game ini juga memiliki fitur PvP (Players vs Players) dalam mode Arena. Pemain juga bisa mengikuti cerita utama dalam game ini dengan memainkan mode Town. Menariknya dalam mode Town ini, pemain bisa mengupgrade setiap aspek yang ada dalam kota milik player untuk meng-unlock fitur baru dan NPC baru. Pemain juga bisa mengunjungi Town milik pemain lain.

Dalam game ini pemain akan menjalani kisah sebagai seorang anggota Blades yang diasingkan oleh kerajaan. Blades sendiri adalah sebuah pasukan yang sangat diandalkan oleh kerajaan tersebut. Saat ditengah pengasingan tersebut, karakter pemain pergi kembali ke kampung halamannya yang telah hancur.

Dalam video yang ditampilkan di E3 2018, menunjukkan bahwa game ini bisa dimainkan di smartphone baik secara horizontal wide-screen maupun vertikal. Todd Howard juga menambahkan bahwa game ini rencananya akan dirilis di iOS dan Android pada musim gugur tahun 2018 dan pemain sudah bisa melakukan pre-register di situs Bethesda. Bagi pemain yang melakukan pre-register akan mendapatkan bonus in-game item saat gamenya nanti dirilis.

Selain dirilis untuk *smartphone*, ia menyatakan bahwa game ini akan dirilis juga untuk konsol, PC, dan juga *Virtual Reality* meskipun belum tahu kapan game ini akan dirilis untuk perangkat selain *smartphone*. “Kami ingin membuat game di mana pemain bisa merasakan sensasi bertualang di dalam game The Elder Scrolls di mana pun dan kapan pun dengan perangkat apa pun.” ujar Todd Howard dalam konferensi pers di Los Angeles.

Pada ajang E3 2018 kali ini, sepertinya Bethesda benar-benar memanjakan fans The Elder Scrolls dengan berbagai kejutan baru mulai dari ekspansi untuk The Elder Scrolls Online, game The Elder Scrolls untuk smartphone serta penantian panjang akan The Elder Scrolls VI yang sudah akan diproduksi. Kalau kalian lebih hype menanti yang mana nih? The Elder Scrolls VI atau The Elder Scrolls: Blade untuk smartphone?

Sumber: Gematsu, Bethesda, Polygon