Akhirnya, situs Premium Bandai merilis harga dan membuka pre-order lini CSM (Complete Selection Modification) mereka yang ke-20, sekaligus yang termahal sampai akhir tahun 2018: CSM Ryuki V-Buckle & Dragvisor. Tapi dengan harga lebih dari 6juta Rupiah, layakkah untuk dibeli? Daripada penasaran, langsung kita breakdown aja isi dan harganya…

Pemesanan mulai dibuka sejak 25 Juni sampai dengan 20 Agustus 2018 untuk pengiriman di bulan Desember 2018, tapi kemungkinan akan ditutup lebih cepat kalau gelombang pertama ini sudah sold out, dan lanjut ke* pre-order* gelombang kedua yang akan rilis pada Januari 2019. Nah, untuk CSM Ryuki ini tersedia dalam 3 paket pilihan:

  1. CSM V-Buckle +  17 Deck + 33 Advent Card (28ribu Yen)
  2. CSM Dragvisor + 56 Advent Card (20ribu Yen)
  3. CSM V-Buckle & Dragvisor + 17 Deck + 89 Advent Card (48ribu Yen)

Harga yang tertera tentunya belum termasuk pajak dan ongkos kirim ke Indonesia. Dan untuk pembelian satu paket, harganya juga tidak lebih murah. Jika dibandingkan dengan 19 CSM sebelumnya, CSM Ryuki ini yang paling mahal, bahkan lebih mahal dari CSM Kaixa Gear yang “hanya” 45ribu Yen.

Worthed ngga sih dengan harga 6,2juta Rupiah untuk CSM ini? Kita coba bedah harga per komponennya ya, biar kamu bisa dapat gambaran lengkapnya, berdasarkan harga-harga dari. Kira-kira begini nih harga satuan dari paket-paket CSM Ryuki yang ditawarkan:

  • Henshin Belt V-Buckle: 9.000 Yen (sekitar 1,2 juta Rupiah)


Harga 9ribu Yen ini setara dengan CSM W Driver yang rilis di tahun 2013. Juga CSM Henshin Belt lainnya tanpa menghitung gimmick koin, kartu, atau senjata. Jadi kalau dibilang mahal.., ya inilah harga standar dari Henshin Belt versi CSM. Karena yang perlu kamu ingat sejak awal adalah mainan DX itu untuk anak-anak, dan CSM inilah yang memang benar-benar diperuntukkan untuk fans dewasa. Karena itu, ukuran pinggangnya juga mengakomodir pinggang dewasa dengan lingkar pinggang 75-100 cm.

  • Dragvisor: 15.000 Yen (sekitar 2 juta Rupiah)

Nah, ini komponen yang paling mahal dari CSM Ryuki. Seandainya kamu tidak tertarik role-play dan mengaktifkan Advent Card, kamu bisa skip Dragvisor dan membeli V-Bucklenya saja. Diantara CSM lainnya, Dragvisor ini termasuk mahal, lebih mahal dari Belt Den-O, Belt Decade, juga pistol Diend. Dragvisor ini memiliki ukuran 13 x 30 cm, atau 7 senti lebih panjang dari versi DX yang dirilis Bandai di tahun 2002.

  • Card Deck: 1.000 Yen (sekitar 130 ribu Rupiah)


Seandainya bisa memilih salah satu, dua, tiga, atau empat saja, mungkin lebih enak dan bisa jauh lebih irit. Tapi kamu bukan Fans Ryuki sejati kalau tidak memiliki seluruh Deck-nya. Dalam paket CSM ini ada 17 Deck. Dua deck yang baru pertama kali dirilis dan menjadi pembeda dari versi CS (Complete Selection) V-Buckle adalah hadirnya Deck Blank Form dan Kamen Rider Abyss. Nah, kapan lagi bisa membeli sekaligus semuanya? Kalau 17 deck ini menjadi incaran utamamu, kamu bisa membeli paket V-Buckle-nya saja seharga 28ribu Yen. Mau tahu ukurannya? Setiap Deck Rider ini berukuran 11,2 x 8,1 cm.

  • Advent Card: 100 Yen (sekitar 13 ribu Rupiah)

Kalau dihitung per kartu satuan sepertinya tidak mahal ya? Tapi karena ini totalnya nyaris 90 kartu, jangan kaget kalau totalnya tembus sejuta Rupiah. Harga per satuan ini juga sama dengan CSM Rider Card untuk Kamen Rider Decade yang rilis di tahun 2015. Jadi bisa dibilang cukup standar untuk “mainan” kartu untuk orang dewasa yang dilengkapi dengan teknologi NFC (Near Field Communication). Setiap kartu ini berukuran 9,6 x 6,6 cm atau lebih tinggi 1 cm dari versi DX-nya.

Bagaimana dengan fitur lainnya? Nah, ini dia faktor yang sebetulnya membuat CSM Ryuki ini menjadi mahal. Karena CSM Ryuki ini penuh fitur suara yang sangat-sangat memorable. Mulai dari efek dengung “Dunia Cermin” yang tertanam dalam belt V-Buckle, suara-suara jurus Ad(o)vent(o), BGM (Background Music), hingga teriakan dan dialog khas dari para Rider yang disuarakan ulang oleh para pemeran aslinya.

Kenapa disebut disuarakan ulang? Karena Bandai tidak bisa sembarangan mengambil stok suara dari para aktor-aktris, dari film atau serialnya langsung begitu saja tanpa izin. Jadi, Bandai membayar kembali 7 aktor-aktris + 1 seiyu dari Ryuki, Ryuga, Knight, Zolda, Ouja, Raia, Tiger, Femme, dan Odin untuk mengulang kembali dialog-dialog legendaris mereka dari serial ini. Dan semua itu bisa kamu dengarkan kembali dengan memainkan set V-Buckle, Dragvisor, beserta semua Deck dan kartu-kartunya. Mantab kan?

Gimana? Setelah tahu harga masing-masing part dan kelebihannya, menurutmu masih kemahalan ngga? Sudah siap untuk langsung order? Atau masih pikir-pikir?

Yang jelas, dengan harga 48ribu Yen, CSM Ryuki ini bukanlah barang mahal bagi kolektor di Jepang. Tapi bagi Fans di Indonesia, rasanya harus pikir-pikir juga. Kecuali bagi kamu yang punya budget tak terbatas, hehe. Tapi perlu diingat juga, CSM Ryuki ini lebih mahal dari CSM Kaixa Gear lho!

Jadi kalau kamu punya budget lebih untuk dibelanjakan, ada baiknya membeli CSM Kaixa Gear terlebih dahulu, karena ada lebih banyak gadget yang bisa dimainkan. Sedangkan CSM Ryuki ini bisa kamu beli tahun depan di toko atau situs-situs lelang Jepang, setelah harganya turun.

Tapi tunggu dulu.., banyak yang bertanya-tanya apakah kartu-kartu dan deck versi CSM ini lebih besar dari V-Buckle CS atau lebih kecil? Dan jawabannya adalah: SAMA!

Jadi, walaupun ukuran kartu dan Deck Card CS dan CSM itu sama, keduanya masih lebih kecil dari versi “Kamen Rider Ryuki Advent Card Archives” yang rilis di 2015. Tapi walaupun ukuran CSM V-Buckle dan CS itu sama, sebaiknya buat kamu-kamu yang sudah punya versi CS-nya tetap jangan dijual, karena material versi CS lebih unggul, terbuat dari bahan die-cast dan ikat pinggangnya terbuat dari bahan kulit sintetis, sedangkan versi CSM hanya plastik ABS (Acrylonitrile Butadiene Styrene)/ Thermoplastic Polymer, PC (PolyCarbonates), dan PVC (PoliVinyl Chloride) saja.

“TATAKAE!”