Walau sebenarnya lebih banyak yang menunggu-nunggu kelanjutan kisah komik BumiLangit [R]evolusi yang pada bagian akhir dari kisah crossover Kraken, memunculkan siluet yang menampilkan dua superhero baru – Gundala dan Godam. Tapi penerbit komik dengan ratusan kekayaan intelektual (IP) karakter superhero dan pendekar itu mencoba mengalihkan perhatian para pembacanya sejenak dengan merilis komik baru di Facebook fanpage-nya BumiLangit yang berjudul Batara.

Komik yang masuk ke dalam era BumiLangit Pusaka ini mungkin agak asing di mata para pembaca baru. Tapi buat penikmat komik-komik klasik, sebenarnya Batara ini adalah tokoh lama yang cukup terkenal. Tokoh dunia persilatan karya komikus legendaris Mansyur Daman ini adalah pamannya Mandala si Siluman Sungai Ular lho.

Yup, Mandala sama yang kini lebih dikenal sebagai mentornya Aquanus, Sri Asih, dan Maza era BumiLangit [R]evolusi. Kisah Batara yang hadir mingguan setiap hari Senin di Facebook fanpage dari BumiLangit itu akan menjadi kisah asal muasal mengapa dirinya yang hidup di tanah Pasundan pada abad ke-17 itu, dikenal sebagai si pendekar sakti lengan tunggal.

Sebenarnya sih, Batara ini sudah pernah terbit di harian Kompas sebagai komik strip dan juga telah diterbitkan sebagai komik cetak. Tapi untuk versi digitalnya yang dirilis di Facebook fanpage BumiLangit, panel-panelnya dibuat ulang hingga cocok untuk pembacanya yang ‘menikmatinya’ dengan menggunakan media smartphone ataupun PC.

Psst, ada bocoran sedikit nih, tokoh Batara agak mirip dengan ponakannya Mandala. Keduanya sama-sama berumur sangat panjang alias immortal gitu. Kalau dikomparasi dengan tokoh fiksi di luar negeri yang juga immortal juga, bisa dibilang setara dengan para ‘Highlander’ kali, ya.

Yuk, dibaca chapter pertama komik Batara-nya. Chapter terbaru Batara akan dirilis setiap hari Senin jam 17.00 WIB.

Kamu juga bisa membaca komik-komik Bumilangit lainnya yang berada di era [R]evolusi seperti Si Buta dari Gua Hantu, Sri Asih, Aquanus, dan Maza yang telah dirangkum seluruh chapternya agar para pembacanya gampang mengikuti chapter demi chapternya.

Selain Batara, komik-komik digital terbaru dari BumiLangit yang akan rilis adalah BumiLangit [R]evolusi Saga yang akan hadir tanggal 24 April dan Si Buta Rajamandala pada tanggal 16 Mei 2018.

Sumber: BumiLangit