Siapa sih yang tidak kenal dengan Doraemon? Sosok robot kucing berwarna biru dari abad ke-22 ini menjadi salah satu karakter yang sangat digemari oleh semua kalangan. Tentu tidak sedikit dari kita yang sewaktu kecil kepikiran bisa bertemu dengan Doraemon asli dan meminjam baling-baling bambunya untuk terbang ke lapangan terdekat. Dengan perkembangan teknologi saat ini, ternyata kini impian untuk bisa bertemu dan ngobrol langsung dengan robot kucing ini sudah bisa menjadi nyata.

Teknologi Smart Speaker/AI Assistant memang sedang menjadi perhatian beberapa kalangan terutama sejak Amazon merilis Alexa. Namun sepertinya kini Alexa memiliki saingan dari sang karakter robot kucing biru. Jepang kini telah mengemas karakter Doraemon sebagai perangkat Smart Speaker yang bisa mengajakmu mengobrol di kala senggang.

Perangkat Smart Speaker ini diciptakan sebagai produk edisi khusus dari lini produk Clova Friends mini. Memiliki fungsi yang sama seperti Alexa dari Amazon, perangkat ini bisa menjawab perkataan yang diucapkan oleh penggunanya. Contohnya, jika kamu mengatakan “hari ini udara panas yah”, perangkat ini, atau lebih tepatnya Doraemon bisa saja memberi saran kepada kamu untuk meningkatkan temperatur udara di ruangan tersebut.

Tidak sebatas itu saja, jika kamu memiliki alat ini dan baru saja pulang ke rumah setelah seharian beraktivitas, ia bisa menyambut kedatangmu di rumah. Jika kamu ulang tahun, perangkat ini juga bisa menyanyikan lagu selamat ulang tahun untukmu. Bahkan kamu bisa memintanya untuk mengucapkan beberapa kalimat “tongue twister”.

Bukan Doraemon namaya jika tidak ada berbagai peralatan ajaib dari masa depan yang disimpan di dalam kantong ajaibnya. Saat sedang ngobrol bersama Doraemon melalui perangkat ini, ia bisa menyebut berbagai alat-alat ajaib yang ia miliki. Perangkat ini juga akan bereaksi kalau kamu mengucapkan kata Dorayaki dan Nezumi (tikus), sepertinya bisa ditebak apa reaksi dari perangkat ini ketika kata-kata tersebut diucapkan yah. Selain menampilkan suara dari Doraemon, pengguna juga bisa mengubah suara perangkat ini dengan suara standar dari Clova.

Clova Friends sendiri merupakan perangkat Smart Speaker yang dikembangkan oleh LINE. Sebelum merilis perangkat Smart Speaker dengan karakter Doraemon, LINE sudah terlebih dahulu merilis perangkat serupa dengan karakter Brown dan Sally. Selain mengembangkan aplikasi chat dan webtoon, ternyata di Jepang LINE juga mengembangkan karakternya sebagai perangkat Smart Speaker ya.

Buat kamu yang ngobrol dengan Doraemon, siapkan saja uang sebesar 5.400 Yen (sekitar Rp650.000) untuk membeli perangkat Clova Friends mini edisi kucing biru ini. Kerennya lagi, kalau kamu kebetulan sedang main-main ke Fujiko F. Fujio Museum di Jepang, kamu bisa mendapatkan Clove Friends mini Doraemon dengan edisi khusus dengan balutan kostum bajak laut dari film “Doraemon the Movie: Nobita’s Treasure Island.”

Tentunya perangkat edisi khusus ini dijual dengan harga yang (jauh) lebih mahal dibanding edisi normalnya, yaitu seharga 19.872 Yen (sekitar 2,5 juta Rupiah). Harganya cukup fantastis mengingat harga Clova Friends mini Doraemon edisi khusus ini bisa mencapai hampir 4 kali dari harga yang edisi biasa. Selain di Fujiko F. Fujio Museum, perangkat dengan edisi khusus ini juga bisa kamu dapatkan di Rakuten Books. Selain karena mendapat bonus kostum bajak laut, perangkat edisi khusus ini memiliki harga mahal karena dijual sangat terbatas hanya 200 unit saja loh!

Sumber: Anime News Network, Comic Natalie, Clova Friends, Wow Japan