Penggunaan emoji dalam penulisan pesan elektronik informal melalui smartphone atau sosmed sudah menjadi kebutuhan tersendiri. Kadang kita membutuhkannya untuk mencairkan suasana, atau menunjukkan ekspresi tertentu untuk menghindari salah paham. Karena tanpa melihat langsung lawan bicara, kata-kata tanpa emosi bisa dengan mudah disalah artikan.

![](https://popconasia.com/wp-content/uploads/2017/09/Screen-Shot-2017-09-14-at-8.22.31-PM.png)
Tiada hari tanpa Emoji. Mana yang jadi favoritmu?
 

Emoji sendiri berasal kata dari e (絵, “gambar”) + moji (文字, “karakter”), yang berarti gambar karakter. Kalau ada persamaan bunyi dengan emosi atau emotion dalam bahasa Inggris, itu hanya kebetulan belaka. Tapi dengan adanya pengaplikasian AR atau Augment Reality, emoji akan segera digantikan oleh Animoji.

Animoji adalah animated emoji, alias emoji yang bergerak. Tapi bergerak di sini bukan berarti gambar animasi gif, melainkan bergerak karena mengikuti ekspresi wajah kita. Ya, dengan memilih Animoji tertentu di Iphone X, emoji tersebut akan mengikuti semua ekspresi wajah kita, termasuk saat tersenyum, berbicara atau mengerlingkan mata. Ekspresi ini kemudian dikirim sebagai pesan. Jadi lawan bicara kita dapat melihat emoji yang ekspresif dan dapat berbicara sesuai dengan apa yang sudah kita rekam.

Teknologi ini dimungkinkan berkat proyeksi sinar infared dan 3-D scanning yang dipadukan dengan kamera “TrueDepth” milik Iphone. Dengan kamera ini, 50 pergerakan otot wajah dapat dengan mudah dideteksi dan dipindahkan ke dalam gambar animasi 3D. Saat ini setidaknya sudah ada 12 karakter wajah animasi yang tersedia di iOS 11 Iphone X. Mulai dari alien, robot, unicorn, panda, rubah, kucing, kelinci, ayam, anjing, monyet, babi, hingga “es krim cokelat”.

Adalah perusahaan Emotient yang tahun lalu dibeli Apple untuk mengembangkan software yang bisa menganalisa ekspresi wajah secara langsung ini. Karena walaupun ekspresi kita bisa terbaca, tapi kalau proses analisa dan pemindahan datanya lama, alias loadingnya lama, maka Animoji ini tidak akan menyenangkan.

![](https://popconasia.com/wp-content/uploads/2017/09/Screen-Shot-2017-09-14-at-8.17.19-PM.png)
Snow, pesaing Snapchat dari Korea.
Sebetulnya teknologi yang mirip seperti ini sudah ada banyak, misalnya aplikasi Snapchat atau Snow yang memungkinkan kita merekam gambar ekspresif, juga video call dengan beragam topeng atau animasi lucu pengganti muka. Walaupun juga bisa dilakukan secara real time, tapi detail ekspresinya belum secanggih Animoji.

Teknologi ini mungkin akan membuat kita jadi lebih ekspresif. Karena akhirnya kita bisa lebih cepat mengirim pesan-pesan lucu tanpa perlu menunggu lama. Tapi yang menarik adalah pengembangan ke depannya. Kalau saat ini hanya tersedia animasi 3D berbentuk kepala hewan, bukan tidak mungkin di bulan-bulan berikutnya kita bisa melakukan video call dengan menggunakan wajah Gal Gadot atau Tom Cruise. Menarik bukan?