Kalau di luar negeri para produsen film bertarung habis-habisan untuk menjadi film terbaik di musim panas atau libur Natal/ Tahun Baru, maka di sini juga ada libur Lebaran yang menjanjikan jumlah penonton maksimal untuk film-film Indonesia.

Sejak tahun 80-an film-film Warkop DKI menjadi film paling laris karena berhasil memanfaatkan libur Lebaran dan Tahun Baru. Makanya dalam setahun, film-film trio Dono Kasino Indro ini bisa hadir dua kali di dua musim liburan itu. Belakangan, film-film Indonesia terlaris memang tidak terlalu mengandalkan libur Lebaran. Dari 10 film terlaris, hanya “Laskar Pelangi” (2008) yang masa edarnya bertepatan dengan libur Idul Fitri. Selebihnya, percaya diri tayang di sepanjang tahun tanpa terpaku musim liburan.

Tapi bukan berarti momen Lebaran itu bisa dilewatkan begitu saja. Seperti halnya tahun ini, ada tujuh film Indonesia yang memperebutkan kue Lebaran 2018. Film apa saja? Berikut ini daftarnya:

  1. 3 DARA 2

Film lanjutan dari “3 Dara” yang sudah dirilis tahun 2015 ini kembali menghadirkan Jay (Adipati Dolken), Affandy (Tora Sudiro), dan Richard (Tanta Ginting). Kalau di film pertama mereka punya “penyakit” tidak bisa menghargai perempuan, kali ini mereka malah didiagnosa terlalu bangga menjadi laki-laki, dan mendapatkan kutukan untuk merasakan penderitaan perempuan. Monty Tiwa kali ini menggantikan Ardy Octaviand di kursi Sutradara, sedangkan Natatya Bagya masih dipercaya menulis naskah dari film produksi MNC Pictures ini. 2. ### DIMSUMARTABAK Film kedua yang hadir saat Lebaran tahun ini adalah Dimsum-Martabak. Diproduseri oleh Raffi Ahmad, menghadirkan Ayu Ting Ting dan Boy William sebagai sepasang kekasih dari kasta yang berbeda, Si Miskin dan Si Kaya. Film yang disutradarai oleh Andreas Sullivan ini juga dibintangi oleh Acho Muhadkly, Tyas Mirasih, Ferry Salim, Magdalena, Meriam Bellina, Olga Lydia, hingga Stella Cornelia. 3. ### HAJI KECIL


Kasniza, gadis kecil berusia 9 tahun begitu mengagumi sosok nenek Romlah yang bekerja sebagai tukang cuci dirumahnya. Nenek Romlah ini juga memiliki seorang cucu yang bernama Dudung. Dari Dudung, Kasniza mengetahui kalau nenek Romlah memiliki impian untuk pergi haji ke tanah suci. Kasniza berjanji pada Dudung akan melakukan berbagai macam usaha untuk mewujudkan mimpi itu. Walaupun sudah dijadwalkan akan tayang Lebaran ini, film karya Sutradara Furqy Tan ini masih belum memiliki trailer yang bisa dilihat.
4. ### INSYA ALLAH SAH 2

Raka (Panji Pragiwaksono), pemuda religius, lugu, dan aneh yang tahun lalu hadir tepat di Hari Raya Idul Fitri, 1 Syawal 1438 H, kembali memeriahkan Lebaran 2018. Film produksi MD Pictures ini sekarang memberikan kursi sutradara pada Umbara Brothers (Anggy & Bounty Umbara). Kali ini Raka berusaha membantu Ghani (Donny Alamsyah), buronan polisi yang sedang tertimpa masalah, dan berusaha bertobat. Turut hadir di film ini Luna Maya, Nirina Zubir, dan Ence Bagus. 5. ### JAILANGKUNG 2 Mengikuti jejak Insya Allah Sah dari Lebaran tahun lalu, Jailangkung juga kembali di Lebaran tahun ini. Masih bersama Jefri Nichol, Amanda Rawles, Hannah Al Rashid, Lukman Sardi, dan Gabriella Quinlyn sebagai Tasya. Film ini juga masih digarap oleh duet Sutradara Jose Purnomo dan Rizal Mantovani, yang juga melahirkan film “Jelangkung” di 2001. 6. ### KUNTILANAK Satu lagi film horor yang akan tayang pada Lebaran tahun ini. Juga dikerjakan oleh Sutradara Rizal Mantovani, Kuntilakan 2018 ini merupakan *re-make* dari film dengan judul yang sama yang juga digarap oleh Rizal di tahun 2006. Bedanya, kali ini menghadirkan pemeran utama yang berbeda, juga mengincar segmentasi penonton yang lebih muda, dengan menghadirkan aktor-aktor cilik, mulai dari Andryan Sulaiman, Sandrinna Michelle Skornicki, hingga Adlu Fahrezy. 7. ### TARGET Film ke-delapan Raditya Dika sebagai Sutradara juga tidak mau kalau berebut kue Lebaran Film Indonesia tahun ini. Dari trailernya mungkin akan mengingatkan kita dengan film SAW, dimana sejumlah orang terkurung bersama, namun penjahat yang sebenarnya ternyata ada di antara mereka. Diantara Cinta Laura Kiehl, Samuel Rizal, Willy Dozan, Abdur Arsyad, Hifdzi Khoir, Romy Rafael, Ria Ricis, dan Anggika Bolsterli, siapa ya yang jadi penjahatnya?

Tapi dengan sebanyak ini film Indonesia yang tayang bersamaan di hari yang sama, apakah jumlah penontonnya akan maksimal? Siapa yang akan unggul dan siapa yang akan tertinggal? Berikan pendapatmu!