Dunia para wibu lagi ribut oleh terancam tayangnya film-film anime yang mereka tunggu untuk tayang di bioskop. Semua ini berawal dari salah satu admin grup forum anime yang melakukan instagram live saat dari dalam bioskop CGV yang sedang menayangkan film animasi “NO GAME NO LIFE: ZERO”.

Tindakan ini tentu membuat hampir seluruh penikmat kartun Jepang ini terpicu, pasalnya pihak CGV dan ODEX telah mengumumkan efek dari kasus ini yaitu ditundanya penayangan film anime baik yang telah diumumkan maupun belum diumumkan pihak ODEX. Rata-rata semua film tersebut direncanakan akan tayang pada 2018. Berikut daftar film anime yang ditunda penayangannya di Indonesia:

1. FATE/KALAEID LINER PRISMA ILLYA

Merupakan spin-off dari seri novel visual Fate yang dibuat oleh Hiroshi Moriyama ini bercerita tentang Illyasviel Von Enzbern atau lebih mudahnya dipanggil Illya hidup di dunia paralel dimana Perang Cawan Suci tidak pernah terjadi dan Illya berubah menjadi seorang mahou shoujo.

 

2. FATE/STAY NIGHT HEAVEN’S FEEL

Tidak hanya Saber dan Rin, tetapi rute Sakura juga diadaptasi menjadi anime dalam “Fate/Stay Night Heaven’s Feel”. Film ini bercerita tentang Matou Sakura yang merupakan adik kandung Tohsaka Rin, namun saat masih kecil, Sakura dipindahkan dan menjadi anak angkat keluarga Matou. Dia dipaksa mengikuti latihan sulit yang menyiksa untuk memperoleh kekuatan sihir yang kuat. Sakura tak semestinya mengikuti Perang Cawan Suci, namun hubungan rumitnya dengan Shirou Emiya dan dorongan tersembunyi dalam dirinya membuatnya terlibat dalam perang perebutan cawan suci.

 

3-4. NANOHA REFLECTION dan NANOHA DETONATION

Film Nanoha akan dibagi menjadi dua bagian dengan dua judul yang berbeda, yaitu Mahou Shoujo Nanoha Reflection dan Mahou Shoujo Nanoha Detonation yang akan dirilis pada tahun 2018 mendatang. Kedua film ini tadinya rencananya akan tayang di Indonesia.

Nanoha sendiri berkisah tentang sepasang peneliti bertahan hidup di planet Eltria yang hampir mati bersama dengan kedua putri mereka yaitu Amitie dan Kirie. Mereka berharap dapat menemukan cara untuk menghidupkan kembali planet mereka itu. Tapi ketika Granz sakit, tampaknya impian mereka untuk menghidupkan kembali planet ini pun lenyap. Atas permintaan kakaknya, Kyrie berangkat bersama teman masa kecilnya Iris untuk mencari pertolongan dari dunia alternatif yang jauh. Mereka tiba di jepang, Bumi untuk mencari kunci untuk regenerasi planet mereka. Di sana, mereka bertemu dengan Takamachi Nonoha, Fate Testarossa, dan Yagami hayate.

 

5. EUREKA SEVEN HI EVOLUTION

Menceritakan fenomena yang dikenal sebagai “The First Summer of Love” yang berlangsung sepuluh tahun sebelum cerita anime Eureka Seven pertama, yang tidak digambarkan secara lengkap. Film ini akan mengikuti alur cerita serial anime TV seri pertamanya dengan dialog, adegan, dan ending baru.

Bercerita tentang Renton Thurston yang semula hidup biasa-biasa saja di desa Bellforest. Pertemuannya dengan seorang pilot robot wanita bernama Eureka telah merubah hidupnya, di mana Renton akhirnya berpetualang bersama Eureka dalam menghadapi tirani *United Federation. *

**6. DETECTIVE CONAN MOVIE 22**

Detektif yang satu ini telah memasuki filmnya yang ke 22. Film detektif Conan ini akan tayang di Jepang pada 14 April 2018. Belum ada trailer mengenai film ini selain trailer pendek berdurasi 16 detik yang berisikan waktu hitung mundur, suara ledakan, dan teriakan seseorang yang diduga Rei Furuya yang berteriak “Zero”. Ada dugaan film ini akan mengisahkan kasus bomb atau mungkin seputar kasus teroris.

7. CRAYON SHIN CHAN 26th MOVIE

Film Shin Chan ke 26 kali ini memiliki judul: “Crayon Shin Chan: Bakumori! Kung-Fu Boys Ramen Rebellion”. Film Shin Chan yang bertemakan aksi kungfu ini akan bersetting di kota China yang bernama Aiyatown di Kusakabe, Saitama. Film ini disutradarai oleh Wataru Takahashi dan Kimiko Ueno sebagai penulis naskah.

 

Itu dia sekiranya tujuh film anime yang penayangannya akan ditunda sampai waktu yang belum ditentukan hingga kini. Sampai saat ini pihak ODEX belum mengumumkan berita terbaru perihal masalah ini, sementara para penggemar masih terus berharap agar masalah ini mendapat jalan yang terbaik. Bagaimana menurut kalian? Apakah ketujuh film ini benar-benar tidak akan tayang di Indonesia? Share pendapatmu ya!